Babinsa Dan Petani Tanam Padi Gunakan Rice Transplanter

 

 
 

Babinsa Dan Petani Tanam Padi Gunakan Rice Transplanter

    Pers Indonesia (Semarapura,) - Dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan nasional, Babinsa Selat Kodim 1610-01/Klungkung Koptu Kembardika turun langsung ke sawah membantu petani di desa binaannya.

   Pendampingan program swasembada pangan tersebut dilakukan dengan pengolahan lahan milik I Nyoman Kantor seluas 20 Are dilanjutkan penanaman padi jenis Cigelis, dengan menggunakan alat Rice Transplanter, Kamis pagi (29/11).

     Tujuan Babinsa turun langsung ke sawah dalam rangka membantu petani di desa binaan, sebagai bentuk nyata keseriusan para Babinsa dalam melakukan pendampingan upaya khusus di bidang pertanian terhadap para petani di wilayah binaannya guna mempercepat proses tanam padi, untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

     Proses olah lahan dengan menggunakan alat Rice Transplanter akan lebih mempercepat pekerjaan petani. Selain itu, dengan alat mesin pertanian modern Rice Transplanter membantu proses penanaman padi menjadi lebih cepat.

    Jenis mesin penanam padi ini dipergunakan untuk menanam bibit padi yang telah disemaikan pada areal khusus dengan umur tertentu. Pada areal tanah sawah kondisi siap tanam, mesin ini dirancang untuk bekerja pada lahan yang berlumpur (puddle) yang  dilengkapi dengan alat pengapung.

    Dengan didampingi Babinsa diharapkan petani benar-benar merasa terbantu sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal dalam bercocok tanam, sehingga ketahanan pangan nasional yang diprogramkan pemerintah sukses diwujudkan. 

    Turut hadir dalam penanaman padi yaitu Kepala UPT Klungkung Wayan Trima, Kordinator BPP Ketut Januarsa, PPL Kecamatan Klungkung, Babinsa Selat, Kelian Subak Selat.
(Pendam)
 
 
 

 

 

 
Pers Indonesia