Dandim Buleleng Berikan Materi Wasbang

 

 
 

Dandim Buleleng Berikan Materi Wasbang


     Pers Indonesia (Singaraja)-  Dandim 1609/Buleleng Letkol Inf Verdy De Irawan, S.H., M.Tr. (Han) memberikan materi wawasan kebangsaan kepada sejumlah pelajar di Buleleng, diantaranya Siswa SMA Negeri 3 Singaraja, Rabu (21/11) .

    Kegiatan yang diikuti sebanyak 80 siswa kelas 12 tersebut dimaksudkan untuk memperkuat jiwa nasionalisme di kalangan pelajar.

     Sementara materi yang diberikan yaitu seputar empat konsensus kehidupan berbangsa dan bernegara yang terdiri Pancasila, UUD RI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

    Menurut Dandim, Pancasila sebagai sebuah ideologi adalah paham yang didasari oleh kesadaran berbangsa yang cukup kuat. Sedangkan esensi nilai-nilai Pancasila adalah nilai relegius, kekeluargaan, keselarasan, kerakyatan dan keadilan.

      Dandim menambahkan, keragaman dalam satu kesatuan NKRI merupakan wujud Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar yang terdiri dari suku, agama, ras, bahasa, adat istiadat, budaya dan kharakteristik lainnya dari setiap penduduk yang mendiami pulau di wilayah NKRI ini.
"Keragaman harus menjadi kekuatan untuk bisa mewujudkan persatuan dan kesatuan nasional dalam bingkai NKRI", tegas Letkol Verdy.

    Lanjutnya, Bangsa Indonesia lahir dari keberagaman, berbagai etnis kumpul menjadi satu dalam satu lingkungan dengan berbagai penganut agama saling berkomunikasi satu sama lain dan hidup rukun antar umat beragama. Hal ini sesuai dengan semboyan Bangsa Indonesia Bhinneka Tunggal Ika yang mengandung arti walaupun kita berbeda tetapi tetap satu.
(Pendam).

 
 
 

 

 

 
Pers Indonesia