Jelang Hari Puputan Margarana,Napak Tilas Berserta Panji Pataka Ngurah Rai & sarasehan

 

 
 

Jelang Hari Puputan Margarana,Napak Tilas Berserta Panji Pataka Ngurah Rai & sarasehan


    Pers Indonesia(Denpasar) -  Sarasehan dalam rangka menyongsong peringatan hari Puputan Margarana ke 72 (20 Nopember 2018), dilaksanakan di Desa Peguyangan.(17-Nopember-2018).

  
    Acara dilksanakan tempatnya di wantilan jaba Pura Desa Peguyangan Denpasar, acara dimulai dengan pementasan tari Sekar Jempiring, tampak hadir Perwakilan dari Walikota Denpasar, Ketua Mada LVRI Bali ; I Gusti Bagus Saputra, Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Denpasar ; Dr.Drs.I Made Gede Putra Wijaya,SH,M.Si, Senator NasDem Kota Denpasar AA.Gede Widiada,SH., yang juga Pengelingsir Puri Peguyangan, Ketua LVRI Badung; Jro Wilaja, Para Tokoh, Undangan Dinas, Kades,Kaling, para pelajar dari berbagai sekolah sekitar Veteran dan para undangan lain, serta masyarakat sekitar yang memadati wantilan.
   Sarasehan dalam rangka memperingati Hari Puputan Margarana ke 72 ini bertajuk , Gelorakan Semangat Puputan Margarana Demi Tegaknya Pancasila, UUD 45, NKRI, Bhineka Tunggal Ika.

    I Gusti Bagus Saputra membacakan Sejarah perjalanan Perjuangan I Gusti Ngurah Rai. Sementara dalam sarasehan ini dihadirkan 4 narasumber ; Dr Nyoman Subanda, Dr.Km Indrawan.Kodim 1611 Badung Mayor Infantri Putu Sukadana, dan Gd Rai Misno.sekretaris PPM Bali, dengan tema menggelorakan semangat juang Puputan Margarana dalam mengisi kemerdekaan, terutama dalam kaitan dengan era modernisasi yang memerlukan kedewasaan. Sementara Dr.Drs.I Made Gede Putra Wijaya,SH,M.Si sebagai Moderator.

    Ketua PPM Kota Denpasar ; Dr.Putra Wijaya singkat mengungkapkan ; kegiatan ini sangat penting dilakukan terutama kepada para generasi penerus untuk lebih mengenal sejarahnya, bukan malah melupakan sejarahnya, karena sejarah perjuangan bangsa yang ini telah mewariskan kemerdekaan bagi negeri yang tercinta ini, tentu dengan pengorbanannya dalam merebut kemerdekaan, jalan perjuangan mereka  sangat baik untuk dijadikan soritauladan bagi kita dan para generasi, ungkap Dr.Putra Wijaya. 

   Sementara Senator NasDem AA.GD Widiada ; disela acara mengungkapkan ; Kita mengharap melalui sarasehan Gelorakan semangat Puputan Margarana demi tegaknya Pancasila, UUD45, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, bisa lebih memupuk rasa kepedulian sosial , yang akan mempengaruhi rasa peduli , hormat ,bertanggung jawab, sehingga menjadi negarawan yang lebih baik, terutama kepada para generasi muda dengan memahami sejarahnya maka para generasi akan lebih dewasa dalam mengarungi kehidupan, menjadi lebih terbuka dalam menjalankan tugas dan kewajiban sebagai Warga Negara yang bijak, demikian.*

UPACARA PENYERAHAN PANJI-PANJI & PATAKA I GUSTI NGURAH RAI
     Sebelumnya pada pagi hari dilaksanakan Upacara Penyerahan Panj-Panji dan Pataka I Gusti Ngurah Rai, yang kemudian dibawa Kirab Napak Tilas menyusuri rute perjuangan Pahlawan I Gusti Ngurah Rai beserta pasukannya hingga ke Marga(Taman Pujaan Bangsa),upacara bertempat di halaman jaba Puri Kesiman Denpasar, yang dahulunya merupakan markas perjuang pasukan dibawah pimpinan I Gusti Ngurah Rai.


    Dalam upacara tersebut Setda Kota Denpasar mewakili Walikota Denpasar bertindak selaku  Inspektur Upacara. Dilaksanakan penyerahan Panji-Panji serta Pataka I Gusti Ngurah Rai untuk dibawa kirab napak tilas I Gusti Ngurah Rai hingga ke Desa Marga tepatnya di Taman Pujaan Bangsa Margarana dimana I Gusti Ngurah Rai Gugur dalam perang puputan sebagai kusuma bangsa.
 

Di Puri kesiman juga diadakan sarasehan dan juga pemeriksaan kesehatan geratis bagi para Veteran.
   Tampak lebih hidup disela-sela acara alunan musik keroncong oleh sanggar Gita Lestari.

(red).
  

 
 
 

 

 

 
Pers Indonesia