Pelebon Ida Pedanda Istri Singarsa, Griya Kutri, Tgl 29 September 2017

 

 
 

Pelebon Ida Pedanda Istri Singarsa, Griya Kutri, Tgl 29 September 2017


   Persindonesia.com - Ida Pedanda Istri Singarsa, Geriya Delodan Kutri  Singaparna Tengah, lebar pada tgl 11 September 2017, diusia ke 88 thn. Ida Pedanda Istri yang kini sudah menjadi Batari, pada masa Welakanya bernama Ida Ayu Ketut Mayun dari Griya Blangsinga , Mudiksa  thn 1995, Abhiseka Ida Pedanda Istri Singarsa tersebut, meninggalkan putra -putri sebanyak 10 orang.
   Semasa perjalanan menjadi Pedanda, Ida Batari sempat menjadi Tapini (Pemimpin Upacara - upacara besar Hindu ) di Nusantara beberapa diantaranya di Timor-Timur, berbagai pura di Pulau Jawa.
    Demikian Ida Bagus Gangga Sekretaris Manggala Karya, yang adalah putra nmr 4, memaparkan kepada Fakta Bali.
   Upacara Pralina dilaksanakan pada Tgl 28 September 2017, sedangkan Puncak acara Pelebon dilaksanakan pada Sukra  Paing Gumbreg /Jumat - tgl 29 September 2017.

   Tampak pada malam Prelina  Ida Bagus Pada Kesuma, SE.,(Gus Pada), yang juga Senator Partai Golkar Bali, tampak bergabung dengan keluarga besar Griya, ikut melaksanakan pengubaktian/persembahyangan.
   Gus Pada mengucapkan, Sebagai salah satu kerabat Griya, saya sangat mengapresiasi kiprah Ida Batari Istri dalam melaksanakan yadnya baik sebagai Tapini diluar maupun diBali, dimana Beliau dalam mengemban tugas melayani umat, kewajiban kesulinggihan, telah dilaksanakan dengan sangat baik oleh Beliau, dan patut menjadi tauladan bagi kita semua, Amor Ring Achintya, ungkap Gus Pada.

    Untuk diketahui, Putra Paling sulung  dari Ida Batari telah Medwijati menjadi Pedanda bergelar Ida Peranda Putra Lokanata, yang ditapak langsung oleh Ida Pedanda Ayahandanya, sebagai Nabe, cara sistem Medwijati tersebut disebut Mulangrah . (Gs)





 
 
 

 

 

 
Pers Indonesia