Prajurit Kodam IX/Udayana latihan Minggu Militer di Banjar Pilan

 

 
 

Prajurit Kodam IX/Udayana latihan Minggu Militer di Banjar Pilan


    PERS - Minggu Militer adalah merupakan program TNI Angkatan Darat yang dilaksanakan pada minggu ke-4 setiap bulannya, dengan tujuan untuk memelihara dan memantafkan  pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dasar-dasar kemiliteran bagi setiap prajurit TNI Angkatan Darat.

    Terkait dengan kegiatan Minggu Militer di bulan Nopember ini, Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, S.I.P.,M.Sc,. mengajak prajurit jajarannya untuk melaksanakan kegiatan Minggu Militer di luar markas sesuai dengan wilayahnya masing-masing, seperti yang dilaksanakan di wilayah Korem 163/Wira Satya, 1.076 anggota TNI Kodam IX/Udayana mengikuti  kegiatan Minggu Militer berbivak selama dua hari di Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar pada  Kamis-Jumat (23-24/11)

     Kegiatan Minggu Militer kali ini memang berbeda dari kegiatan Minggu Militer pada bulan-bulan sebelumnya, kegiatan yang dilaksanakan hampir sama dengan kegiatan ketika pendidikan pembentukan pertama yakni kombinasi kegiatan di siang hari dengan kegiatan di malam hari  dilaksanakan di luar markas dengan materi dasar-dasar kemiliteran yang lebih bersifat aplikasi di lapangan.

      Adapun materi kegiatan di siang hari adalah Jalan Taktis dengan berbagai gangguan yang diibaratkan serangan dari musuh, seluruh peserta menyamar dengan perlengkapan persenjataan dan ransel siap tempur dengan route meyusuri jurang dan lembahnya daerah perkebunan di Desa Kerta komplek. Pada pukul 17.00 wita semua peserta sudah memasuki Basis Operasi Depan (BOD), kemudian dilanjutkan melaksanakan delapan langkah BOD  dengan  berbivak sesuai kelompok, semuanya membuat bivak untuk persiapan bermalam. Bivak selesai dilanjutkan dengan kegiatan masak memasak sesuai dengan bekal ransum yang dibawa dipunggung masing-masing.

     Kemudian untuk kegiatan di malam hari, jaga serambi dilaksanakan sesuai dengan kelompoknya masing-masing secara bergantian dan persandian diyakinkan telah dimengerti dan dihapal oleh seluruh peserta, kemudian pada pukul 04.00 wita dilaksanakan alarm stelling yang ditandai dengan ledakan TNT dan rentetan tembakan, seluruh peserta melaksanakan pertahanan perkuatan BOD, stelling sesuai dengan kolamnya masing-masing dengan tetap memperhatikan lindung tembak dengan perlengkapan persenjataan siap tempur. Setelah dinyatakan aman, dilaksanakan konsolidasi, pengecekan personel dengan segala perlengkapannya. Pada kesempatan tersebut Pangdam menyatakan bangga karena kegiatan Minggu Militer ini sudah dapat dilaksanakan dengan baik dan bersunguh sungguh, kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali norma dasar keprajuritan dan disiplin tempur parajurit yang selalu siap melaksanakan tugas serta baik baik dengan rakyat dalam kondisi apapun, Minggu Militer ini bukan hanya sekedar ganti baju PDH dengan PDL melainkan mempunyai makna yang sangat dalam untuk mengingat kembali, memelihara dan memantafkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dasar dasar kemiliteran.

     Selanjutnya Peserta Minggu Militer mengikuti kegiatan penanaman pohon di Banjar Pilan, Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar dengan menanam 13 jenis bibit pohon seperti Trembesi, Sawo Kecik, Albesia, Tabebuya Kuning, Kayu Putih, Mahoni, Ampupu, Juwet, Durian, Mangga, Alpukat, Manggis dan Rambutan dengan jumlah keseluruhan Empat Ribu Dua Ratus Lima Puluh pohon.Pada kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana dalam sambutannya menyampaikan kegiatan penanaman pohon ini sebagai rangkaian dari kegiatan Minggu Militer, dan lokasi ini dipihan karena areal ini sangat subur dan berada pada ketinggian sehingga tidak menutup kemungkinan bisa terjadi bencana alam berupa tanah longsor, dengan adanyapenanaman pohon ini diharapkan dapat membantu menjaga kelestarian alam,sehingga tidak mudah longsor dansekaligus dapat mempertahankan ketersediaan air bawah tanah.

     Kemudian untuk jangka panjangnyapenanaman pohon ini dapat menghambat terjadinya pemanasan global atau mengurangi pencemaran udara serta dapat menambah pemandangan menjadi lebihhijau, indah dan asri, sehingga akan dapat menarik minat wisatawan untukmengunjungi obyek wisata yang ada di Kecamatan Payangan ini. Dan disamping itu Minggu Militer ini dilaksanakan di Desa Kerta dengan harapan agar prajurit TNI lebih memahami kondisi wilayah karena TNI sesungguhnya berasal dari rakyat dan rakyat merupakan ibu kandung sehingga TNI harus menyatu dengan rakyat, Demikian ujar Pangdam.

     Kegiatan penanam pohon ini selain dihadiri oleh para pejabat teras Kodam IX/Udayana hadir pula Bupati Gianyar, A. A. Bharata, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Gianyar, Camat Payangan, Perbekel, Bendesa Adat Desa Kerta, Kelihan Dinas dan Kelihan Adat Banjar Pilan Payangan serta sejumlah undangan dan masyarakat Banjar Pilan, Payangan.
 (Pendam IX/Udayana)
 
 
 

 

 

 
Pers Indonesia