Ruas Simpang Kediri-Batas Kota Singaraja Dalam Pengerjaan

Ruas Simpang Kediri-Batas Kota Singaraja Dalam Pengerjaan



    PERSINDONESIA.COM (Singaraja) - Perbaikan ruas jalan serta infrastruktur lainnya di Bali yang masuk dalam kewenangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus dilakukan.
    Salah satunya proyek Preservasi Rehabilitasi Jalan Sp. Kediri – Mengwitani – Bts. Kota Singaraja. Proyek jalan yang masih dalam tahap penyelesaian ini bernomor kontrak : 02/PKS/TMS/2017, dengan nilai kontrak sebesar Rp. 26.079.106.000,- dana sebesar ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) TA 2017.
    Proyek yang menelan dana puluhan milyar ini dalam kewenangan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 06, PPK ini berwenang pada ruas Jalan Tabanan – Mengwitani – Dalam Kota Singaraja. Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional (Satker PJN) Metropolitan Denpasar. Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) VIII, Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).
    Pengawas Lapangan, Wayan Saputrayasa, Rabu (31/5) ketika ditemui di lokasi pekerjaan menjelaskan, beberapa item pekerjaan yang dilakukan meliputi, Saluran air/drainase dengan kedalaman 180 cm, Senderan bahu jalan, Betonisasi bahu jalan, dan Pengaspalan dengan Asphalt Concrete – Wearing Course (AC – WC). AC – WC adalah lapisan aus yang merupakan lapisan perkerasan yang ditempatkan pada posisi paling atas sebagai lapisan permukaan.
     “ Proyek ini selesai sebelum lebaran pak,” jelas Saputrayasa asal Git – git, Singaraja ini.
Disampaikan, pihaknya mengerahkan pekerja sebanyak 45 orang dan progres pekerjaan yang telah dicapai sebesar 80 persen lebih.
    Seperti paket – paket tender yang lain, setelah dinyatakan kelar 100 persen, akan dilakukan Serah Terima Pertama atau Provisional Hand Over (PHO). Selanjutnya diberlakukan Jaminan Masa Pemeliharaan atau Extended Warranty Period (EWP) selama satu tahun ke depan oleh pihak Kontraktor Pelaksana.

     Proyek ini digarap Kontraktor Pelaksana PT. Pramana Artha Raharja, sebagai pemenang tender dengan Konsultan Supervisor PT. Wiraguna Tani (JO) PT. Wiraguna Bhuana Raya, PT. Gaharu Sempana.  (SAM)

Pers Indonesia