Tak Kenal Minggu,Babinsa  Pelda Made Negara Tetap Tugas

 

 
 

Tak Kenal Minggu,Babinsa  Pelda Made Negara Tetap Tugas


     Pers Indonesia (Bangli) - Hari minggu identik dengan hari libur, karena sebagian dari kita yang telah bekerja selama 5 atau 6 hari maka akhir pekan tepatnya Hari Minggu menjadi bebas tugas alias istirahat atau libur.

   Tidak demikian halnya dengan tugas sebagai aparat negara seperti TNI seperti Babinsa harus tetap melaksanakan dan memonitor tugas kewilayahan.

   Demikian halnya seperti dikatakan Pelda Made Negara saat terjun membantu petani di Subak Puleai Peninjoan Tembuku Bangli Minggu , (25/11).
"Hari minggu memang hari libur, tetapi saya tetap melaksanakan tugas dan sejauh ini kita menikmati", ungkapnya.

Pelda Made mengatakan apa yang dilakukanya adalah tugas terkait  program ketahanan pangan nasional pada percepatan masa tanam kedua pada tahun 2018 dan luas tambah tanam atau LTT di wilayah Kodim 1626/Bangli.

    Selain mendampingi gabungan kelompok tani atau Gapoktan, sebagai   Babinsa dirinya kerap kali harus turun langsung membantu petani dalam proses pengolahan lahan yang dimulai dari pembajakan atau penyiapan lahan yang akan ditanami, pembibitan sampai dengan nanti saat panen.

    Menurutnya, kegiatan ini  dilakukan untuk memberikan motivasi kepada para petani agar segera mengolah sawahnya untuk mempercepat masa tanam. Hal itu, dilakukan karena kebiasaan para petani setelah masa panen kadang terlambat mengolah kembali lahan sawahnya dengan alasan dan kesibukkan pasca panen.
"Hal ini harus diingatkan dan disosialisasikan agar lahan tidak terbiarkan terbengkalai begitu saja, sehingga tidak ada lahan yang nganggur", imbuhnya.

    Bila percepatan penanaman padi terus dilakukan maka bisa dipastikan panen tahun ini akan lebih cepat. kegiatan ini kita laksanakan sebagai bentuk tugas dan tanggung jawab sebagai seorang Babinsa.
Selain mendampingi para petani,  juga bertujuan  untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayah sehingga tercapai program dari pemerintah untuk swasembada pangan secara nasional.
Adapun pembajakan kali ini dilaksanakan di sawah milik Wayan Pupul, warga Banjar Tampuagan Peninjoan, Tembuku Bangli seluas 25 Are. 

    Pemilk lahan Wayan Pupul sangat berterima kasih kepada Babinsa karena sudah bekerja keras membantu para petani di wilayah Binaannya.
"Jadi bukan hal baru jika Babinsa di desa kami ikut bekerja seperti ini, tidak kenal hari libur dan seperti hari ini Hari Minggupun kita turun ke sawah", kisah Wayan Pupul.
(Pendam)

 
 
 

 

 

 
Pers Indonesia