Tingkatkan Kwalitas Pertanian, Kemen.PUPR Bangun Irigasi

Tingkatkan Kwalitas Pertanian, Kemen.PUPR Bangun Irigasi



    

    GIANYAR, PERS INDONESIA - Untuk meningkatkan hasil pertanian dibutuhkan irigasi yang baik dan memadai. Saat ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali-Penida, Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air (SNVT PJPA) Bali-Penida.

     Salah satunya, saat ini Kementerian PUPR sedang membangun Jaringan Irigasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Tukad Oos, yang meliputi irigasi DI Bresela, DI Laut Batu, DI Tain Kambing, di Jasan, Kabupaten Gianyar.
     Proyek irigasi yang sudah lama ditunggu – tunggu warga ini menyerap dana sebesar Rp. 7.606.013.000, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) TA 2017.
    Lokasi dibangunnya Irigasi Subak Jasan Baru, di Banjar Jasan, Tegalalang, Gianyar.  Proyek irigasi ini untuk mengairi sawah seluas 25 Hektare. Pekaseh (Kepala Subak) Jasan Baru, Remban, ketika ditemui di lokasi proyek, Rabu (10/5) mengatakan, dengan dibangunnya Irigasi Subak Jasan Baru ini, dia dan warga merasa senang sekaligus berterima kasih.
   “ Dengan adanya Irigasi ini, saya sebagai Pekaseh (Kepala Subak, Red.) dan juga warga tentu senang sekali. Irigasi ini sudah lama diharapkan oleh warga. Mudah – mudahan dengan dibangunnya Irigasi ini bisa meningkatkan hasil panen,” harapnya.
    Seperti yang tertera di papan proyek, pembangunan irigasi ini dengan nomor kontrak : HK.02.03/RJPA-BP/IR/007/2017, dengan tanggal kontrak pada 12 April 2017. Durasi pelaksanaan kegiatan proyek selama 210 hari kalender. Dikerjakan Kontraktor Pelaksana PT. Bukidalam Barisani sebagai pemenang tender dengan Konsultan Pengawas PT. Amertha Nirwana.
    Setelah proyek dinyatakan selesai 100 persen, untuk selanjutnya dilakukan Serah Terima Pertama atau Profisional Hand Over (PHO). Jaminan Masa  Pemeliharaan atau Extended Warranti Period (EWP) oleh Kontraktor Pelaksana selama 365 hari kalender. (Sml).

Pers Indonesia