Dandim Gianyar : Latorsar Asah Kemampuan Prajurit

Pers Indonesia - Jurnalisme Nyata & Berbudaya

PERS INDONESIA-Gianyar-Bali Upaya untuk menyiapkan kemampuan bagi Personel Militer Kodim 1616/Gianyar dilakukan dengan melaksanakan latihan secara terprogram, bertahap, bertingkat dan berlanjut.

Kegiatan latihan dilaksanakan sesuai kalender kegiatan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan dasar keprajuritan sehingga tugas pokok yang diembankan kepada setiap Prajurit dapat terlaksana dengan baik.

Di awal tahun anggaran 2019, kegiatan latihan yang dilaksanakan yaitu latihan perorangan dasar atau Latorsar bertempat di Makodim, Rabu (09/01).

Kegiatan latihan secara antusias diikuti anggota Kodim 1616/Gianyar difokuskan pada peningkatan kemampuan dasar prajurit seperti Peraturan Militer Dasar, Menembak Dasar, Tehnik Tempur Dasar Perorangan, Ilmu Medan dan Kompas, Pioneer dan materi lainnya.

Demikian disampaikan oleh Pasi Ops Kodim 1616/Gianyar Kapten Inf I Gede Astawa, yang bertindak selaku Komandan Latihan atau Danlat.

Menurutnya, Kodim 1616/Gianyar sebagai satuan kewilayahan yang selama ini melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial atau Binter di wilayah Kabupaten Gianyar, namun demikian tetap dituntut untuk memiliki postur prajurit yang profesional di bidang kemiliteran sehingga pada saat dibutuhkan untuk melaksanakan tugas dapat terselenggara dengan baik.

Sementara itu, Dandim 1616/Gianyar Letkol Kav. Asep Noer Rokhmat, S.E., M.M., saat menjelaskan bahwa kegiatan Latihan Perorangan Dasar merupakan kegiatan program yang mutlak harus dilaksanakan guna mengasah kembali kemampuan-kemampuan dasar yang dimiliki setiap prajurit sehingga walaupun setiap harinya prajurit melaksanakan tugas-tugas kewilayahan dalam rangka pembinaan teritorial tetapi harus tetap menjaga kemampuan ilmu kemiliteran sebagai prajurit yang selalu dituntut profesional di bidangnya.

Lebih jauh dikatakan dari tahapan latihan yang dilaksanakan nantinya setiap prajurit akan melaksanakan ujian baik teori maupun praktek yang kita sebut sebagai uji terampil perorangan umum atau UTP Umum.

Disitulah akan terlihat kemampuan prajurit secara penguasaan teori dan keterampilan apakah akan lulus atau tidak. Tetapi wajib hukumnya harus lulus dengan menguasai secara mahir semua materi yang diujikan, karena akan menjadi bekal dalam pelaksanaan tugas nantinya.(Penrem)

Tinggalkan Balasan