Heboh Warga Kesurupan Akibat Ogoh-ogoh Tidak Diupacarai

0
4424

Buleleng Persindonesia.com – Warga Kaja Kangin dihebohkan oleh beberapa warga yang mengalami kesurupan mendadak. Diyakini warga yang kesurupan dikarenakan ogoh-ogoh di Dusun tersebut tidak diupacarai dan diarak saat hari Pangerupukan Nyepi yang jatuh pada Selasa (24/3).

Atas peristiwa ini, para Tokoh Masyarakat Desa Sudaji kemudian menggelar Rapat koordinasi di Polres Buleleng yang dihadiri langsung oleh Kapolres Buleleng beserta Jajarannya, Perbekel Desa Sudaji, para Tomas / Todat dan beberapa warga masyarakat.

Diawali sekira pukul 07.00 wita  pada hari Kamis (26/3) bertempat di Dusun Kaja Kangin, Desa Sudaji beberapa warga mengalami kesurupan diyakini karena tidak adanya upacara dan mengarak Ogoh-Ogoh menuju ke Setra (Kuburan) Desa Adat setempat.

Sehingga para tokoh masyarakat bersama Perbekel serta Prajuru Adat menggelar paruman (Rapat) guna menentukan solusi yang tepat atas hal tersebut dan dilanjutkan Rakor di Polres Buleleng.

Dalam Rakor, Kapolres Buleleng (AKBP I Made Sinar Subawa, SIK.MH) mengambil langkah-langkah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan serta menciptakan sitkamtibmas agar tetap kondusif demi kepentingan bersama terkait adanya Surat Edaran Gubernur Bali tentang Antisipasi Penyebaran Virus Covid -19 di Bali.

“Terkait pelaksanaan ritual upacara tetap dapat dilaksanakan dengan catatan peserta Upacara dibatasi (max 20 org) dan selama pelaksanaan akan dilakukan Pengamanan serta penjagaan dari Kepolisian. Selama kegiatan tidak ada warga masyarakat yang berkumpul/adanya konsentrasi massa”, tegas Kapolres Buleleng.

Menurutnya, agar ditunjuk Perwakilan masing-masing Sekaha (Kelompok) pengusung Ogoh-Ogoh yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Selanjutnya, kegiatan Upacara akan dilaksanakan hari ini pukul 13.00 Wita dengan pengamanan dari aparat gabungan Kepolisian, Babinsa dan Pecalang. (Sub/Suar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here