26 Orang Dinyatakan Non Reaktif, Hasil Tracking Kasus Positif Yang Ke-35

    0
    101

    Jembrana, Persindonesia.com – Menindak lanjuti ditemukannya pasien positif covid sebelumnya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana melakukan tracking terhadap orang yang pernah melakukan kontak erat dengan warga Kaliakah yang positif Covid-19. Pasien yang tercatat sebagai kasus positif ke-35 di Jembrana ini memiliki riwayat kontak dengan beberapa orang, baik dilingkungan keluarga, tempat tinggal maupun tempat kerja. Rabu (1/7)

    Saat dikonfirmasi awak media Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kab. Jembrana dr I Gusti Agung Putu Arisantha, MPH mengatakan, tracking dilakukan terhadap 30 orang yang melakukan kontak erat dengan pasien ke-35 tersebut. Sebanyak 26 orang kontak menjalani rapid test , sisanya 4 orang dilakukan test swab. Hasilnya 26 orang sempat kontak itu non reaktif berdasarkan hasil test rapid. Sedangkan 4 orang masih menunggu hasil swab. Empat orang yang jalani kontak itu merupakan keluarga inti. Istri , dua orang anak dan seorang pegawai yang sempat kontak dengan pasien tersebut.

    “Kita sudah lakukan test serangkaian tracking kontak pasien positif ke-35 asal Desa Kaliakah. Pelaksanaan rapid test kita sebar dimasing-masing puskesmas sesuai dengan alamat terdekat domisili kontak. Sedangkan test swab sudah kita ambil disalah satu hotel karantina. Hasil swab ini masih kita tunggu,“ kata Arisantha.

    Ia menambahkan, untuk test rapid akan diambil sebanyak dua kali. Untuk test yang pertama hasilnya seluruhnya dinyatakan non reaktif yang akan segera disusul dengan pengambilan test rapid kedua 14 hari dari pelaksanaan test rapid pertama. Pihaknya juga akan terus memperluas proses tracking guna mencegah meluasnya kasus dari klaster pasien positif covid asal Denpasar yang sempat pulang kampung ke Jembrana ini.

    Terkait penanganan lainnya, hari ini sebanyak 6 orang warga PMI peserta karantina disalah satu hotel Kecamatan Negara hari ini kembali dipulangkan . Mereka dinyatakan sehat dari pemeriksaan swab negatif dua kali dan telah menyelesaikan masa karantina 14 hari.

    Dengan demikian dari total 601 warga PMI yang sudah pulang keJembrana, sebanyak 523 orang sudah menyelesaikan masa karantina. Masih tersisa 61 orang lagi yang tersebar di 3 hotel diwilayah Jembrana.

    Hingga hari ini, jumlah pasien positif covid-19 di Jembrana tercatat sebanyak 35 orang . Dari jumlah itu, 29 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh dan pulang. Sedangkan pasien yang masih dirawat di Ruang Isolasi RSU Negara sebanyak enam orang. (Sub/Abhi)

    Krida Radio Live

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here