Kunjungan Kerja Pangdam IX/Udayana yang Baru Berakhir di Kab. Jembrana

    0
    107

    Denpasar, Persindonesia.com Diawali dari Kab. Tabanan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara dihari pertama melaksanakan kunker ke sejumlah Kabupaten. Selain bersilaturahmi sebagai Pangdam IX/Udayana yang baru, saya minta mari bersama-sama kita melanjutkan tugas dan tanggung jawab di Kodam IX/Udayana. Mudah-mudahan kerjasama dan dukungan yang diberikan oleh para Prajurit Kodam IX/Udayana dengan tidak melakukan pelanggaran, itu merupakan bentuk dukungan bagi saya.

    Baca Juga : Ada Apa Dengan Desa Kasumea Dijadikan Kampung Tangguh Nasional ?

    Demkian disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara saat memberikan pengarahan dalam rangka Kunjungan Kerja (Kunker), pada Kamis (9/7/) di Mako Rindam IX/Udayana, Kec. Kediri, Tabanan.

    Dihadapan 150 orang Prajurit dari Rindam IX/Udy, Kodim 1619/Tabanan, Minvetcad IX-24/Tabanan, Gudmurah IX/Tabanan dan Prajurit Siswa Dikprabinsa yang ikut dalam pengarahan. Pangdam IX/Udayana mengawali pengarahan dengan memperkenalkan diri dilanjutkan memperkenalkan para pejabat yang mendampingi dalam kegiatan Kunker tersebut.

    Tugas pokok Kodam adalah menegakkan kedaulatan, mempertahankan keutuhan, melindungi segenap bangsa dan tumpah darah khususnya wilayah dan masyarakat yang ada di Kodam IX/Udy. Untuk melaksanakan Tupok tersebut Kodam dibentuk organisasi-organisasi diantaranya ada Satpur, Satbanpur, Satkowil dan Satuan Badan Pelaksana.

    Baca Juga : Si Jago Merah Menghanguskan Seisi Rumah Ardita

    Untuk Rindam merupakan salah satu Badan Pelaksana Kodam untuk menyiapkan, mendidik, melahirkan Prajurit-prajurit Bintara maupun Tamtama untuk bisa siap tugas dan siap ditempatkan dimana saja. Tugas Rindam sangat strategis bagi Kodam IX/Udy, karena di Rindam tempat dididik SDM untuk bisa mengawaki organisasi dan peralatan Alutsista yang ada di Kodam IX/Udy, jadi berbanggalah anggota Rindam memiliki tugas betul-betul strategis dan mulia, jelas Pangdam.

    Terkait dengan perkembangan situasi dalam menghadapi pandemi Covid-19, kuncinya adalah disiplin. Terutama kepada aparat yang bertugas di lapangan utamanya bagaimana mendisiplinkan masyarakat dengan protokol kesehatan, dan yang paling utama adalah bagaimana kita dapat meningkatkan imunitas/daya tahan tubuh kita, memiliki/menjalankan pola hidup sehat.

    Baca Juga : Gubernur Bali Meninjau Penerapan Protokol New Normal ke Bali Safari & Marine Park

    Pangdam mengajak kepada seluruh Prajurit dan PNS Kodam IX/Udy untuk menciptakan dan mewujudkan iklim kerja yang kondusif dan suasana kerja yang menyenangkan, karena kita adalah satu keluarga sehingga harus selalu saling asah, asih dan asuh. “Kita harus bangga dan mencintai sebagai warga Udayana, serta berbuat yang terbaik untuk Udayana”, tutup Pangdam.

    Pada kesempatan tersebut juga, Dr. Aqua Dwipayana, S.I.Kom., yang merupakan konsultan komunikasi dan motivator menyampaikan, bahwa semua hal yang disampaikan Pangdam IX/Udy adalah berkaitan erat dengan komunikasi. Sehingga dimanapun bertugas laksanakan lima komunikasi yang efektif diantaranya respect, empathy, audible, clarity dan humble.

    Terkait kegiatan Kunker Pangdam pada hari ini, Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., menjelaskan saat tiba di Rindam IX/Udy, Pangdam disambut dengan Tari Sandat Serasi sebagai ucapan selamat datang, selanjutnya menuju tempat acara untuk memberikan pengarahan kepada para Prajurit di Lapangan Wira Yudha Bhakti Rindam dan diwaktu bersamaan Ketua Persit KCK PD IX/Udy Ny. Tanty Kurnia Dewantara juga memberikan pengarahan kepada Persit KCK Cabang Rindam IX/Udy dan Kodim 1619/Tabanan di Aula Ngurah Rai Rindam IX/Udy.

    Baca Juga : Si Jago Merah Menghanguskan Seisi Rumah Ardita

    “Usai Kunker di Rindam IX/Udy, Pangdam bersama rombongan melanjutkan kegiatan Kunker di Kodim 1619/Tabanan yang disambut oleh Forkopimda Kabupaten Tabanan”, jelas Kapendam.

    Sebagai orang nomor satu dan sangat perhatian terhadap Satuan Jajarannya, Pangdam bersama rombongan melanjutkan Kunker menuju wilayah Barat Pulau Bali yaitu ke Kodim 1617/Jembrana yang disambut Forkopimda Kab. Jembrana dan Ibu Ketua Persit KCK PD IX/Udy meninjau keterampilan tangan yang dibuat oleh Ibu-ibu Persit KCK Cabang XXXVI Kodim 1617/Jembrana.

    Selanjutnya melaksanakan kunjungan ke Mako Yonif Mekanis 741/GN untuk mengecek kesiapan pangkalan dan memberikan pengarahan kepada Prajurit Yonif Mekanis 741/GN, Kodim 1617/Jembrana, Minvet Jembrana dan Sub Denpom Jembrana, pada intinya Pangdam menyampaikan bahwa anggota Yonif Mekanis 741/GN relatif masih muda dan sudah banyak mengukir prestasi seperti mewakili Kodam IX/Udayana dalam lomba Ton Tangkas dan mendapat kehormatan melaksanakan tugas Oprasi Perbatasan apa yang sudah diraih menjadi modal utama, tetap jaga kehormatan dengan selalu berbuat baik dengan cara tetap berlatih sehingga selalu siap bertugas dimanapun.

    Baca Juga : Intensifkan Penggunaan Masker, Tim Gabungan Gelar Razia

    Bagi setiap prajurit hindari segala bentuk pelanggaran, karena apabila ada pelanggaran bukan hanya merugikan diri sendiri juga akan merusak nama satuan. “Sebagai prajurit harus tetap semangat sampai ujung pengabdian kita”, tegas Pangdam.

    Masih di Kabupaten Jembrana dan memastikan kondisi wilayah tetap aman dan kondusif, Pangdam melaksanakan peninjauan ke Pelabuhan Penyebrangan ASDP Gilimanuk yang merupakan jalur penyebrangan laut antara Pulau Bali dengan Pulau Jawa dan disambut oleh para Pejabat Pemkab. Jembrana. (Pendam IX/Udy)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here