Persembahyangan Tumpek Landep Di Polres Gianyar

0
11

Persindo Polres Gianyar  –  Tumpek Landep dirayakan setiap Sanisara (sabtu) Kliwon Wuku Landep yang jatuh setiap 6 bulan Kalender Bali. Tumpek Landep berasal dari kata Tumpek yang berarti Tampek atau dekat dan Landep yang berarti Tajam.

Jadi dalam konteks filosofis, Tumpek Landep merupakan tonggak penajaman, citta, budhi dan manah (pikiran). Dengan demikian umat selalu berperilaku berdasarkan kejernihan pikiran dengan landasan nilai – nilai agama. Dengan pikiran yang suci, umat mampu memilah dan memilih mana yang baik dan mana yang buruk .

Tumpek landep merupakan hari raya pemujaan kepada Sang Hyang Siwa Pasupati sebagai dewanya taksu. Jadi setelah memperingati Hari Raya Saraswati sebagai perayaan turunnya ilmu pengetahuan, maka setelah itu umat memohonkan agar ilmu pengetahuan tersebut bertuah atau memberi ketajaman pikiran dan hati. Pada rerainan tumpek landep juga dilakukan upacara pembersihan dan penyucian aneka pusaka leluhur seperti keris, tombak dan sebagainya sehingga masyarakat awam sering menyebut Tumpek Landep sebagai otonan besi.

Seiring dengan perkembangan jaman masyarakat khususnya umat hindu memaknai hari Tumpek Landep sebagai hari Otonan peralatan yang terbuat dari besi dalam hal ini segala peralatan yang dipakai dalam mendukung kehidupan seperti pisau, cangkul, Televisi, kendaraan bermotor dan berbagai peralatann yang terbuat dari Besi diupacarai sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan atas karunia yang diberikan.

Terkait dengan hal tersebut di Polres Gianyar juga melaksanakan persembahyangan Tumpek Landep yang dilaksanakan pada hari Sabtu (18/7) yang dilaksanakan di Lapangan Parkir Polres Gianyar. Dalam kegiatan ini seluruh peralatan yang terbuat dari besi seperti Sejata Api, Komputer, kendaraan dinas dan lain sebagainya diupacarai. Persembahyangan ini dilaksanakan sebagai wujud ucapan terimakasih atas karunia yang diberikan oleh Tuhan sehingga segala peralatan dalam mendukung pelaksanaan Kinerja Polres Gianyar dapat digunakan dengan baik untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Persembahyangan ini dimulai pada pukul 08.00 wita yang dipimpim Jero Mangku Pura Satayana Kencana Polres Gianyar sebagai koordinator Kabag Sumda Polres Gianyar Kompol I Ketut Dana SH “upacara ini rutin dilaksanakan Polres Gianyar sebagai rasa syukur atas karunia tuhan” ujar Kabag Sumda Polres Gianyar.

Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana, S.I.K., S.H., M.H., yang turut dalam pelaksanaan persembahyangan Tumpek landap mengajak seluruh personil dalam Pandemi Covid-19 untuk selalu waspada terhadap situasi yang berkembang saat ini, untuk itu seluruh personil dihimbau agar selalu hadir ditengah-tengah masyarakat serta mengajak untuk menyambut adaptasi kebiasaan baru agar tetap mematuhi protokol kesehatan agar Pandemi Covid-19 dapat dicegah secara bersama-sama, “pungkasnya.   Tim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here