Iming-Imingi Jadi PNS Mangku Roy Tibu Korbannya Mencapai Puluhan Juta Rupiah

    0
    50

    Buleleng Persindonesi.com – Ditengah mewabahnya Covid-19, ssorang PNS tega menipu calon PNS, dengan diimbing-imingi akan bisa lolos menjadi PNS asal menyerahkan uang sebesar Rp. 27.900.000. Berharap mendapatkan pekerjaan di pemerintahan Kab. Buleleng korban bernama I Putu Partika yang beralamat Br. Labasari, Pangkung Paruk, Seririt, Buleleng, langsung menyerahkan sejumlah uang, dengan magsud bisa diterima jadi PNS.

    Kejadian ini diketahui terjadi sudah lama pada tanggal 20 Novenber 2018. Niat korban kepingin bekerja mejadi PNS, dimana korban lulusan S1, dimanfaatkan oleh pelaku KR (43) alias Mangku Roy berasal dari Ds. Bebetin, Sawan, Buleleng, namun naas pekerjaan menjadi PNS ditunggu-tunggu informasinya samapi tahun 2020 tidak kunjung didapatkannya dari pelaku, sehingga diputuskan melaporkan ke Polres Buleleng.

    Suami Nekad Jajajakan Istri Lewat Online Seharga 400 Ribu Sekali Kencan

    “Memang benar sebelumnya korban telah melaporkan kasus ini dengan dalil penipuan ke kantor, dan kami sudah tindak lanjut atas laporan korban tim Satreskrim berhasil menangkap pelaku yang sempat buron, ucap Kasat Reskrim Polres Buleleng AKP Vicky Tri Haryanto S.H,S.I.K, M.H pada saat jumpa pers di Mako Polres Buleleng.Jumat (17/7).

    Ia melanjutkan, antara korban dan pelaku sebelumnya kenal karena pernah satu organisasi.

    Strong Point, Wujud Nyata Kehadiran Polisi Ditengah Masyarakat

    “Atas laporan korban penyidik melakukan penyidikan dengan melakukan pemeriksaan terhadap beberapa saksi dan mengumpulkan bukti-bukti, selanjutnya tersangka dipanggil dan diperiksa di Polres, sehingga dilakukan gelar perkara, tersangka mengakui perbuatannya dan kami tetapkan bersalah,” kata Vicky.

    Pemanggilan ke dua tersangka KR alias Mangku Roy tidak memenuhi panggilan penyidik, bahkan tersangka pergi ke luar wilayah sehingga ditetapkan sebagai DPO selama lebih satu setengah tahun,

    Patroli Dipantai Cegah Terjadi Gangguan Kamtibmas

    “Kami tetapkan sebagai DPO, menurut pengakuan tersangka selama itu sembunyi di daerah Banyuwangi dan Denpasar, sehingga penyidik mengendendus keberadaan tersangka dirumak WIL nya di Ds. Bebetin, Sawan, Buleleng, pada tanggal 7 Juli 2020 dilakukan penangkapan dilanjutkan dengan penahanan sejak 8 Juli 2020,” ucap Vicky.

    Vicky menambahkan, tersangka mengakui melakukan perbuatan tersebut dengan cara mengaku mempunyai orang dalam di Jakarta yang bisa mencarikan seseorang sebagai PNS.

    Desa Sumbersari Coklit Serentak Bagus dan Tepat Waktu

    “Tersangka sebelumnya menyetorkan sejumlah uang yang kemudian uang korban tersebut dipakai tersangka untuk kebutuhan sehari-hari dan penyidik masih melakukan pendalaman terhadap tersangka karena diduga tersangka juga melakukan perbuatan tersebut kepada beberapa korban lainnya dengan modus serupa,

    Lebih jelasnya Vicky mengatakan, barang bukti yang kami amankan dalam perkara ini adalah 6 lembar slip penyetoran uang dan dari korban ke rekening tersangka, dan terhadap tersangka diduga melanggar pasal 376 KUHP dan atau 372 KUHP mengenai penipuan dan atau penggelapan dengan pidana penjara paling lama empat tahun penjara, tutupnya.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here