Hanya Dengan Uang 10.000 Ribu Rupiah, Warga Muslim Pangkung Tanah Bisa Berqurban Satu Ekor Sapi.

    0
    23

    Jembrana, Persindonesia.com – Berbangga hati bagi warga Muslim Dusun Pangkung Tanah Kangin,Melaya, Jembrana, di mana masa situasi Pandemi saat ini Jamaah Wirid Ataqwa melaksanakan pemotongan Hewan Qurban dalam perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 H. Jumat 31/07/2020.

    Usai melaksanakan Ibadah Sholat Idul Adha yang dimulai sejak pagi pukul 07:00 wita di masjid setempat hingga selesai, kemudian para jamaah wirid Ataqwa khususnya Laki-laki menuju ke Musholla Ataqwa Guna melaksanakan pemotongan dua ekor sapi yang bertempat di halaman Musholla tersebut.

    Pemotongan di ikuti oleh tokoh agama, tokoh masyarakat, Panitia Hewan Qurban. Selama awal proses pemotongan hingga pembagian daging Hewan Qurban.

    Demi kebaikan dan keamanan bersama, tentunya semua telah mengikuti protokol kesehatan cuci tangan sebelum maupun sesudahnya tetap menggunakan handsanitizer dan pakai masker.

    Disela-sela pemotongan Hewan Qurban, dari team pertanian dan pangan Dinas kesehatan hewan, mendatangi tempat tempat pemotongan hewan Qurban di seluruh Kecamatan Melaya, Ibu Puput dari Dokter Hewan Puskesmas Melaya menjelaskan ke awak media, terkait kegiatannya hari ini pengecekan antem mortem dan pos mortem pemeriksaan hewan Qurban, “kami memastikan untuk sapi maupun kambing yang dipotong ini dalam keadaan sehat seperti itu ucapnya,

    “Pemeriksaan ini terutama di bagian jeruannya, jadi kami memastikan apakah hatinya baik, limpa nya baik kalau memang semuanya baik boleh di bagikan untuk di kosumsi, jadi yang perlu kami teliti bagian dalam organ hewan tersebut hepar, limpah, jantung, lalu paru-paru juga di cek misal tidak ada masalah, boleh di bagikan ke masyarakat,” imbuhnya.

    Ditempat terpisah Panitia hewan Qurban Sukatno.S.Pd.M.Pd selaku penasehat Musholla Ataqwa dan sekaligus kebetulan pada tahun ini keluarga besarnya Berqurban satu ekor sapi.

    “Tujuan kami sekeluarga mempunyai hajat dan menjalankan syariat agama serta sosial melalui Qurban berupa satu ekor Hewan berupa sapi, apa lagi saat ini masa Covid jadi kami bertujuan berbagi kepada warga jamaah dan masyarakat agar bisa sama-sama menikmati ucapnya,

    Lebih jelas ia mengatakan, selain dari keluarga saya juga ada tambahan satu ekor sapi dari anggota jamaah wirid Ataqwa yang mana per orang mengumpulkan dana sebesar 10.000 ribu rupiah setiap kamis malam, yang beranggotakan 40 orang lebih, ini bisa berqurban dan ini yang ke dua kalinya dengan tahun lalu tuturnya,

    Ia berharap, kalau bisa kegiatan ini terus berlanjut dengan tujuan yang baik, seperti hari tahun ini dan tahun sebelumnya, untuk tahun ini sebanyak 129 bungkus daging hewan kurban yang masing-masing kantong berisikan 2,5 ons daging dan jeruan. tutup Sukatno.
    (Sam)

    Krida Radio Live

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here