Desa Cepaka. Pelayanan yang Prima Diberikan untuk Masyarakat Menuju Suasana Kondusif

    0
    6

    Persindonesia.com Tabanan – Tugas pokok pemerintah adalah public Service, yang artinya pelayanan atau melayani masyarakat.

    Tingkat kemampuan pemerintah dengan tingkat kemampuan masyarakat tradisional maupun moderen harus seimbang atau diimbangi.

    Pemerintah dituntut lebih banyak memberikan bimbingan, pembinaan serta motivasi mengejar ketertinggalan dari bagian masyarakat yang lain yang sudah maju.

    Untuk mengejar ketinggalan tersebut dalam kondisi seperti ini dibutuhkan government (pemerintah) dan governance (pemerintahan) yang memadai. Jumat,31/7/2020.

    Dijelaskan oleh Drs. I Ketut Tedja M.Si. selaku kepala desa Cepaka kecamatan Kediri Tabanan, mengatakan bahwa Desa Cepaka sebagai wilayah yang memiliki otonom tersendiri,

    Desa memiliki kewenangan dan tugas internal yaitu kewenangan dalam mengelola manajemen pemerintahan desa, dan secara eksternal pada sisi lain desa juga menerima pelimpahan dan penyerahan tugas dari Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Pusat, terangnya.

    Lebih lanjut dijelaskan, pemerintahan desa berfungsi juga sebagai manajemen eksekutif yang melayani publik yang bermutu (prima), sehingga mampu menciptakan sebuah kondisi dalam suasana yang kondusif, tertata, dan komunikatif.

    Hal ini akan menghasilkan kwalitas kinerja yang optimal didalam perencanaan strategis, anggaran keuangan pengembangan pewagai pemerintahan Desa, jelasnya.

    Berdasarkan undang undang nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah dan peraturan pemerintah nomor 72 tahun 2005 tentang Desa, kewenangan Desa yang ada dan untuk penguatan pemerintah Desa.

    Dalam peraturan pemerintah nomor 72 tahun 2005 pasal 12 ayat (2) menyebutkan, perangkat Desa terdiri atas sekretaris Desa dan perangkat Desa lainnya seperti pelaksana tehnis lapangan dan unsur kewilayahan.

    Dikatakan oleh Ketut Tedja, bahwa pihaknya akan mengoptimalkan pelayanan terbaik kepada masyarakat, hal ini akan diwujudkan sesuai Visi Desa Cepaka yang HARUM ( Harmonis, Aman, Rukun, Utuh dan Mandiri).

    “Fokus pada tata kelola Pemdes, kelembagaan Desa sebagai partner kerja yaitu BPD sebagai kontrol monitoring, LPM, Karang Taruna, Linmas, Pekaseh, dan tim penggerak PKK,” ucapnya

    Lanjut, Ini semua merupakan patner kerja didalam pemerintahan Desa Cepaka yang bekerja, berkarya sesuai fungsi kapasitas masing- masing dan akan membangun bersama menuju desa Cepaka maju dan mandiri.

    Diketahui luas wilayah Desa Cepaka 4 km2 jumlah penduduk 4000 jiwa, memiliki 3 Banjar terdiri atas : Banjar Batanduren, Banjar Lalang Pasek, Banjar Cepaka.

    Pihaknya selalu menghimbau kepada warga masyarakat Desa Cepaka, terkait pelaksanaan suasana normal baru sesuai himbauan pemerintah pusat dan tim satuan tugas Satgas Covid-19, agar selalu disiplin diri, memakai masker.

    “Rajin cuci tangan pakai sabun, serta jaga jarak sosial distancing itu semua diupayakan agar terputus mata rantai penyebaran virus covid-19 yang sampai saat ini terus menghantui dalam kehidupan masyarakat,” katanya

    Poinnya kedepan pihaknya akan lebih mengoptimalkan pelayanan prima kepada masyarakat, disamping itu juga dirinya akan memberikan pemahaman yang baik kepada pegawai Pemdes.

    Terkait tugas dan fungsi masing-masing, memberikan pelatihan tehnis yang ditugaskan, memberikan alat perangkat kerja yang menunjang, memberikan motivasi dalam hal ini internal antara pimpinan pada bawahannya.

    “Tidak lupa bimbingan pemahaman tehnologi IT yang moderen, sehingga terwujud sebuah tim kerja yang profesional dalam memberi pelayanan prima kepada warga masyarakat desa Cepaka yang terampil, sejahtera dan mandiri,” tutupnya. (Rudi)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here