Melanggar Kode Etik, Penyelenggara Kena Sanksi Pemberhentian dan Pidana

    0
    51

    Persindonesia.com Jembrana – PPK dan PSS terbukti melanggar kode etik penyelenggara, sanksinya adalah pemberhentian, pun kalau melakukan pelanggaran pidana pemilu akan diadili sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku.

    Hal tersebut diungkapkan oleh moderator Komisioner KPU Jembrana divisi hukum dan pengawasan I Nengah Suardana, SH.

    Acara sosialisasi regulasi penegakan kode etik badan adhoc (PPK dan PPS) dalam rangka pilkada serentak 2020 pemilihan Bupati dan Wakil bupati Jembrana, bertempat di Anjungan Cerdas Rambut Siwi. Rabu (12/8).

    Kegiatan sosialisasi ini menghadirkan narasumber Komisioner KPU Bali divisi Hukum dan pengawasan A.A. Gede Raka Nakula,SH,MH.

    Dihadiri juga Dandim 1617/Jembrana, Polres Jembrana, Kejaksaan Negeri Negara, Kaban kesbangpol, kasatpol PP, Ketua Bawaslu Jembrana, Ketua dan Anggota PPK se Jembrana

    Suardana juga menjelaskan, tujuan sosialisasi ini adalah memberikan pemahaman dan sebagai bentuk cegah dini pelanggaran etik di kalangan PPK dan PPS sebagai ujung tombak penyelenggara pemilihan di tingkat kecamatan dan desa/ kelurahan.

    “PPK dan PPS sebagian besar adalah tokoh masyarakat di wilayahnya, harus bisa memilah dan memilih, menempatkan diri pada posisi yg tepat sehingga tidak dikatakan atau disinyalir tidak netral apalagi memihak salah satu pasangan calon,” jelasnya.

    Lebih jelasnya Suardana mengatakan, dalam menangani pelanggaran kode etik dan prilaku, KPU Jembrana berpedoman pada PKPU nomor 3 tahun 2020 tentang perubahan atas PKPU nomor 8 tahun 2020 tentang tata kerja KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/kota serta keputusan KPU nomor 337/HK.06.2-Kpt/01/KPU/Vll/2020 tentang pedoman teknis penanganan pelanggaran kode etik, kode prilaku, sumpah janji dan fakta integritas PPK,PPS dan KPPS.

    Ia menambahkan, ditekankan integritas penyelenggara Pilkada 2020 ini merupakan kunci sukses Pilkada Jembrana 9 Desember 2020, tutup Suardana.

    Krida Radio Live

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here