Melalui Kerjasama Terpadu, Kodam IX/Udayana Gelar Panen Padi Perdana Untuk Sukseskan Ketahanan Pangan

    0
    7

    Persindonesia.com – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara melaksanakan kegiatan panen padi perdana di areal persawahan seluas 1 hektar milik I Made Narka (Pekaseh Subak Gelulung, Banjar Blahpane Kelod) ini atas kerjasama antara Kodam IX/Udayana bersama Pejuang Bravo Lima (PBL) Bali, PT. Talitha Grup dan Pemda Kabupaten Gianyar, pada Kamis (27/8) di Subak Gelulung dan Taman Bali, Desa Sidan, Gianyar.

    Peristiwa Alam Kurdo Kembali Terjadi, Menelan Koban 10 Ekor Sapi Terkubur

    Dalam sambutannya Pangdam IX/Udayana mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan panen padi perdana, tentunya ini merupakan bagian dari panen bersama yang telah dilaksanakan di Kodim-kodim Jajaran Korem 163/WSA.

    Menghadapi perkembangan terkait dengan merebaknya pandemi Covid-19 yang melumpuhkan hampir disemua aspek kegiatan.

    Namun untuk para petani, panen padi perdana ini merupakan suatu berkah karena hari ini telah dapat melakukan panen padinya yang telah di tanam dan di rawat selanjutnya di panen, dengan harapan akan dapat menghasilkan panen padi yang melimpah.

    Presiden Jokowi Luncurkan Bantuan Subsidi Upah

    Ketahanan pangan merupakan bagian dari ketahanan nasional, harapannya pada panen padi pertama ini akan semakin meningkatkan motivasi para petani pemula untuk menarik minat para kaum muda agar mau terjun di bidang pertanian, jelas Pangdam.

    Selanjutnya sambutan Bupati Gianyar yang dibacakan oleh Wakil Bupati Gianyar pada intinya menyampaikan ucapan selamat datang kepada para undangan yang telah hadir pada acara panen padi perdana.

    Pemerintah Kabupaten Gianyar telah melaksanakan kegiatan klaster di bidang pengembangan pangan dalam usaha peningkatan swasembada pangan yang menjadi program pemerintah pusat, semoga niat baik kita bersama mendapat restu dari Tuhan Yang Maha Esa sehingga nantinya hasil-hasil pangan yang kita tanam dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

    Salip Jabar, Riau dan DKI, Bali Jadi Provinsi Terbaik Pencapaian STRANAS PK

    Saat ditemui awak media, Pangdam mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan berupa panen padi perdana ini merupakan upaya kerjasama antara Kodam IX/Udayana bersama PBL Bali, PT. Talitha Grup dan Pemda Kabupaten Gianyar.

    Hal ini telah sesuai dengan arahan Bapak Presiden RI juga Panglima TNI dan Kasad, bahwa diinstruksikan seluruh satuan di Jajaran TNI untuk mendukung program ketahanan pangan. Terlebih saat ini kita tahu bahwa dunia termasuk warga Indonesia dan juga di Bali sedang mengalami cobaan yaitu adanya pandemi Covid-19.

    Sehingga menyebabkan terutama perekonomian kita agak terpuruk. “Dengan program ketahanan pangan seperti ini, juga merupakan salah satu upaya untuk bisa membantu bagaimana kembali membangkitkan perekonomian kita”, tutup Pangdam.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here