Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Belitung Timur Gelar Pasar Tani 

Tak Berkategori

Persindonesia.com , Belitung Timur — Dalam rangkaian Peringatan Hari Tani Nasional yang jatuh pada tanggal 24 September 2020 yang lalu,Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Belitung Timur menggelar Pasar Tani bertempat di Taman Kota Kecamatan Manggar.Sabtu (26/09/2020).

Dalam kesempatan ini Agustian selaku Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Belitung Timur mengatakan,” Bahwa Pasar Tani diselenggarakan untuk membantu masyarakat yang selama ini terdampak Covid -19,”Terangnya.

“Kegiatan ini di selenggarakan dalam rangkaian peringatan Hari Tani Nasional yang jatu pada tanggal 24 September 2020 kemarin,”Ungkap Agustian.

“Cuman agenda ini yang kita selenggarakan dan yang sudah kita anggarkan untuk membantu daripada masyarakat yang terdampak covid, dimana masyarakat yang terdampak Covid inikan perekonomiannya melemah, sehingga kita membantunya dengan kebutuhan bahan pangan dengan harga terjangkau,” Beber Agustian.

Agustian menambahkan,” Bahwa penyelenggaraan Pasar Tani terdapat 10 meja yang diisi dengan berbagai produk pertanian yang bekerja sama dengan Bulog, Pelaku Usaha Peternakan dan Pertanian yang ada di Belitung Timur serta untuk harga beras dijual Rp 10.000 per kg, sedangkan terigu, minyak goreng, dan telur dijual dengan harga terjangkau,” Tambahnya.

“Bahan bahan pamerannya yang pertama kalau untuk sembako kita kerjasama dengan Bulog KCP Belitung yang ada di Tanjungpandan, kemudian untuk telur itu produksi lokal dari BUMDES Sedulang Jaya Desa Lalang Jaya yang sudah berproduksi 3000 butir telur perhari mereka, jadi kita perkenalkan ke masyarakat untuk bisa dipasarkan, kemudian lainnya kalau produk pertanian itu dari lokal Kita, termasuk beras, beras Danau Nujau juga ada. Mudah – mudahan bisa membantu daripada masyarakat yang kondisi perekonomian yang lemah saat ini,”jelasnya.

Selanjutnya Ia mengatakan akan melakukan kegiatan yang sama dalam rangkaian Hari Ulang Tahun Kota Manggar yang ke 149 pada tanggal 6 Oktober 2020 mendatang.

“Kita mulai di hari ini satu hari saja, kemudian kita akan kembali lagi melakukan kegiatan seperti ini dalam rangka mendukung hari jadi Kota Manggar di tanggal 6 Oktober. Untuk tahun ini memang masih di kecamatan Manggar, tapi kedepannya sudah Kita plot, kalau bisa per kecamatan nanti kita adakan kegiatan seperti ini, supaya masyarakat tahu bahwa kita punya beras lokal, punya pertanian dan peternakan lokal,” Tutup Agustian. (Sls/Ale)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *