Kodam IX/Udayana Gelar Taklimat Awal Audit Kinerja Itjen TNI TA 2020 di Wilayah Bali Nusra

0
4

Persindo Denpasar – Kodam IX/Udayana dan juga semua satuan TNI yang berada di Bali Nusra dalam menjalankan program kerja senantiasa berusaha untuk mencapai hasil yang optimal. Namun dengan demikian, ada beberapa kendala klasik yang dihadapi yaitu kondisi wilayah tugas dan tanggung jawab yang terdiri dari 894 pulau dengan dibatasi oleh laut meliputi tiga provinsi yaitu Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Demikian diungkapkan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara dalam sambutannya saat acara Taklimat Awal Audit Kinerja Itjen TNI TA 2020 di Wilayah Bali dan Nusa Tenggara, yang diselenggarakan di Ruang Airlangga Makodam IX/Udayana, pada Senin (28/9/2020).

Mengawali sambutannya, atas nama seluruh Komandan Satuan TNI yang berada di Bali Nusra, Pangdam mengucapkan selamat datang kepada Bapak Irjen TNI Letjen TNI M. Herindra M.A., M.Sc., beserta rombongan. Selanjutnya, Pangdam memperkenalkan Para Pejabat TNI di wilayah Bali Nusra dengan harapan semoga pelaksanaan kegiatan Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) dari Itjen TNI ini dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

Terkait adanya berbagai kendala klasik yang dihadapi, dengan segenap sumber daya yang dimiliki, Kodam IX/Udayana maupun seluruh Satuan TNI yang berada di Bali, NTB dan NTT selalu berupaya kreatif dan inovatif dalam melaksanakan tugas, dengan satu tujuan untuk melaksanakan program kerja agar lebih berdaya guna dan berhasil guna

“Guna memperlancar kegiatan pemeriksaan, saya harap kepada Obyek Pemeriksaan agar dapat menerima Tim Itjen TNI dengan baik. Berikan data dan informasi yang dibutuhkan dan jadikan Tim Wasrik sebagai mitra untuk bersama-sama mencari solusi atas temuan yang ada. Oleh karena itu, jika dalam pelaksanaannya nanti Tim menemukan ketidaksesuaian yang berkaitan dengan kinerja dan perbendaharaan, maka kami, para Komandan Satuan TNI yang ada di Bali Nusra mohon petunjuk dan arahan dari Tim Itjen TNI,” demikian tegas Pangdam.

Sementara itu, Irjen TNI dalam paparannya menyampaikan, Taklimat Awal Audit Kinerja Itjen TNI TA 2020 di Wilayah Bali Nusra ini sebagai penyelenggaraan pengawasan intern guna memberikan keyakinan yang memadai bahwa pembinaan dan penggunaan kekuatan TNI serta pemeliharaan kesiapsiagaan operasional dapat terlaksana sesuai dengan prinsip Kepatuhan, Ketertiban, Efektif, Efisien dan Ekonomis (2K3E).

“Sasaran Audit difokuskan terhadap pelaksanaan operasi dan latihan serta dukungan bekal logistiknya, untuk melihat sejauh mana tingkat keberhasilan pembinaan kekuatan dalam dukungan operasi dan latihan TNI serta juga mencari permasalahan prajurit di daerah operasi dengan harapan ditemukannya permasalahan yang menonjol dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengakhiran operasi,” ucap Letjen TNI M. Herindra M.A., M.Sc.

Lebih lanjut Irjen TNI menekankan, agar lebih memberdayakan peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) sebagai mitra kerja profesional (consulting partner), quality assurance maupun sebagai katalis dalam setiap kegiatan. Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang sudah diraih bukan berarti bahwa tugas telah selesai, namun harus tetap mempertahankannya dan menyelesaikan permasalahan yang masih menjadi catatan BPK RI.

Untuk kelancaran pelaksanaan Audit, Irjen TNI juga berharap agar data-data yang diperlukan dalam mendukung pelaksanaan Audit sudah disiapkan sebelumnya sehingga pemanfaatan waktu menjadi lebih efektif. Selain itu juga, seluruh Satker agar memberikan data dan informasi serta penjelasan yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh Perwira Pemeriksa atau Auditor.

“Dengan terlibatnya TNI dalam operasi penanggulangan Covid-19 dan pendisiplinan protokol kesehatan di seluruh wilayah Indonesia, maka diharapkan agar pelaksanaaan dilakukan dengan baik dan tertib administrasi. Keberhasilan dalam pelaksanaan Audit sangat tergantung adanya kerjasama dan dukungan dari seluruh Satker yang diperiksa, baik dari aspek kelengkapan dokumen maupun keterbukaan informasi,” demikian tegas Irjen TNI.

Taklimat Awal Audit Kinerja Itjen TNI dihadiri juga oleh Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Danrem 162/WB, Danrem 163/WSA, Danlantamal VII Kupang, Danrindam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, Danlanal Denpasar, Danlanal Mataram, Danlanud Ngurah Rai, Danlanud ZAM, Danlanud El Tari, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Para Dan/Kabalakdam IX/Udayana, LO AL dan LO AU serta Kasrem 161/WS. (Pendam IX/Udayana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here