Kasdam IX/Udayana Vidcon,Dipimpin Menko Marves RI

0
11

Persindo Denpasar – Kasdam IX/Udayana Ikuti Vidcon yang Dipimpin Menko Marves RI dalam Penerapan Tata Laksana Penanggulangan Covid–19.

Dalam menindaklanjuti perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia khususnya di wilayah Provinsi Bali yang masih mengalami peningkatan, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya mengikuti Video Conference (Vidcon) yang dipimpin oleh Menko Bidang Maritim dan Investasi RI Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A., di ruang Puskodalops Kodam IX/Udayana, pada Kamis (1/10/2020) malam.

Dalam Vidcon tersebut, Menko Marves RI menyampaikan penekanan tentang tata laksana penerapan penanggulangan terhadap penyebaran Covid-19. Dilihat dari data di 9 provinsi, untuk tingkat penyebaran Covid-19, saat ini yang paling parah adalah ditemukan pada lingkungan keluarga, perkantoran dan restaurant. Sehingga dalam penanggulangannya menjadi tanggung jawab bersama guna mensosialisasikan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

Lebih lanjut Menko Marves RI mengatakan, kedepannya jika sudah ada vaksin yang diterima pemerintah RI, maka vaksin tersebut diprioritaskan kepada para petugas medis, sehingga mereka semua dapat terlindung dari dampak penularan Covid-19.

Selanjutnya lakukan terus cek dan ricek serta update data tentang pasien yang tertular Covid-19, baik yang OTG, ODP maupun PDP, sehingga pada saat pemberian vaksin Covid-19 tepat sasaran secara efektif dan efisien dengan berdasarkan jumlah atau kuantitasnya serta selalu menerapkan skala prioritas dalam pelaksanaannya.

“Dalam pemberian vaksin Covid-19 gunakan skala prioritas yang efisien dan efektif, terlebih dahulu vaksin diberikan untuk petugas medis dan para medik termasuk pasien OTG, ODP dan PDP, sehingga dapat meningkatkan angka kesembuhan dan menekan angka kematian,” kata Menko Marves RI.

Pada kesempatan tersebut, Kasdam menyampaikan RSAD jajaran Kodam IX/Udayana telah mengoperasionalkan alat PCR yang diberikan oleh Kemenhan RI serta siap membantu Dinas Kesehatan Provinsi Bali dengan menerapkan tata laksana penanggulangan Covid-19. Kodam IX/Udayana selalu bersinergi dengan Polda Bali dan pemerintah Provinsi Bali dalam melakukan operasi yustisi penegakan pendisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Provinsi Bali.

“RSAD Jajaran Kodam IX/Udayana siap mendukung Pemerintah Daerah Provinsi Bali dengan menerapkan tata laksana perawatan khusus dalam penanganan pasien Covid-19, berkenaan dengan pasien Covid-19 dari anggota TNI dan keluarganya tetap dilaksanakan test swab secara berkesinambungan,” tegas Kasdam.

Dalam kegiatan Vidcon tersebut Kasdam IX/Udayana didampingi Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Kakesdam IX/Udayana, Waasops Kasdam IX/Udayana, Waaslog Kasdam IX/Udayana dan Waaster Kasdam IX/Udayana. (Pendam IX/Udy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here