Tugas Protokoler Polisi Militer PM Dalam Pengawalan Presiden dan Tamu Kenegaraan

    0
    53

    Persindonesia.com – Polisi Militer sering disingkat PM atau “POM” ialah Polisi dari organisasi militer yang bertugas menyelenggarakan pemeliharaan, penegakan disiplin, hukum, dan tata tertib di lingkungan militer suatu negara dalam rangka mendukung tugas pokok militer untuk menegakkan kedaulatan Negara tersebut.

    Tidak semua Polisi Militer di negara-negara lain dikhususkan untuk penegakan hukum untuk militer/angkatan bersenjata saja, tetapi di negara-negara lain seperti di Prancis, Italia, Belanda, Inggris, Amerika, dll Polisi Militer diberi wewenang untuk bertindak terhadap masyarakat sipil.

    Kunker Komisi X DPR RI Ke Bandung, Masukan RUU Sistem SKN : Industri Kreatif Olahraga harus mendapat perhatian lebih serius

    Polisi Militer di Indonesia bertugas sebagai penegak hukum, pengaman wilayah khusus, penegak tata tertib/disiplin, dan penyelidik kejahatan pada institusi militer atau Tentara Nasional Indonesia.

    Dalam pelaksanaan tugas tertentu seperti penyelidikan kejahatan/kriminal, Polisi Militer juga bekerja sama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia apabila dalam kasus tersebut melibatkan warga sipil.

    Wakil Bupati Klungkung Apresiasi Donor Plasma Konvalesen Dalam Rang Hut Ke 75 TNI

    Selain itu, POLRI dan POM (Polisi Militer) juga bekerja sama dalam operasi penegakan hukum lainya seperti: operasi (razia) lalulintas gabungan. Polisi Militer juga bertugas sebagai pelaksana pengawalan khusus seperti pengawalan terhadap: Presiden RI, Wakil Presiden RI, dan pihak-pihak khusus pemerintahan lainya.

    Polisi Militer juga bertugas sebagai pengaman instalasi, pelindung pribadi perwira militer senior, pengaturan dan penjagaan tahanan perang dan tahanan militer, pengendalian lalu lintas khusus, dan pengatur rute perjalanan yang berhubungan dengan militer dan sipil.

    Sikap Tegas Dilontarkan Ketua YJHN, Tokoh Umat Harus Minta Maaf Kalau Tidak Saya Tarik Bawa Kepolda

    Di Indonesia ada tiga korps Polisi Militer, yaitu polisi militer angkatan darat (POMAD), polisi militer angkatan laut (POMAL) dan polisi militer angkatan udara (POMAD).

    Tak semua organisasi militer berkaitan dengan area tugas tadi. Di beberapa negara, angkatan polisi militer – umum dikenal sebagai gendarmerie, meski masih ada ragam nama lain (seperti Carabinieri di Italia, Marechaussee di Belanda, Pasukan Internal di Rusia dan beberapa negara CIS, atau Policia Militar di Brasil)

    Pimpinan Tim Kurawa Menerima Penghargaan Dari Kapolres Jembrana

    Polisi Militer (PM) juga bertugas sebagai Polisi Angkatan sering bertindak sebagai back-up kuat untuk Polisi sipil dan/atau menjaga ketertiban daerah pelosok. Anggotanya dikenali dengan ban lengan (biasanya berwarna biru gelap) bertuliskan “PM” (tergantung negara dan bahasa) Red

    Krida Radio Live

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here