Tekan Penyebaran COVID-19, Babinsa Gencarkan Pendisiplinan Prokes

0
5

Persindo Jembrana Bali –  Guna menekan penyebaran COVID-19 diwilayah Kabupaten Jembrana, Babinsa Jajaran Kodim 1617/Jembarana sebagai ujung tombak satuan kewilayahan (Satkowil) tanpa mengenal lelah terus melakukan langkah-langkah dan upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah Kabupaten Jembrana.

Dalam upaya tersebut Babinsa yang selalu bersinergi dengan Bhabinkamtibmas, Satuan Polisi Pamong Praja, Pecalang maupun instansi terkait lainnya secara rutin melakukan pendisiplinan penerapan protokol kesehatan COVID-19 di masing-masing wilayah binaannya seperti yang dilakukan oleh Babinsa Loloan Timur Koramil 1617-01/Negara Pelda M. Saifudin melakukan pendisiplinan protokol kesehatan terhadap warga yang akan melaksanakan Sholat Jumat di Masjid Agung Baitul Qodim Loloan Timur, Jembrana, Jumat (09/10/2020)

Menurut Babinsa Kelurahan Loloan Timur Pelda M Saifudin kegiatan pendisiplinan protokol kesehatan secara rutin dilaksanakan dengan memberi edukasi dan menghimbau kepada masyarakat di desa binaan dengan harapan warga semakin sadar akan pentingnya protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran COVID-19 yang dimulai dari masing masing desa.

“Apabila kesadaran dan kepatuhan akan protokol kesehatan telah dimulai dari tingkat desa atau kelurahan tersebut maka akan mampu menekan dan memutus penyebaran COVID-19 dan tentunya penyebaran yang lebih luas bisa diatasi dengan harapan wilayah Jembrana bisa masuk zona hijau”, harap Babinsa.

Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna, S. sos., menjelaskan Babinsa sebagai ujung tombak aparat kewilayahan TNI AD yang secara langsung berbaur dengan masyarakat di wilayah desa binaaan tentunya memiliki peran yang sangat penting dalam mengedukasi dan mengajak warga dalam mematuhi protokol kesehatan.

Lebih lanjut Dandim mengatakan pendisiplinan protokol kesehatan terhadap warga di masa Pandemi COvID-19 menjadi salah satu fokus kegiatan Babinsa Jajaran Kodim 1617/ Jembrana dalam melaksanakan tugas pokok di masing masing wilayah binaannya.

Kegiatan pendisiplinan yang dilakukan oleh Babinsa tersebut secara berjenjang dilaporkan kepada Danramil selanjutnya kepada Dandim yang kemudian dilanjutkan pelaporannya kepada komando atas bahkan sampai ketingkat nasional dalam hal ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

“Dalam pelaporan kegiatan pendisiplinan terhadap warga setiap Babinsa telah dibekali aplikasi monitoring perubahan perilaku. Melalui aplikasi tersebut Babinsa akan melaporkan aktifitas warga serta tingkat kepatuhan warga terhadap protokol kesehatan di masing-masing wilayah binaannya”, jelas Dandim.cç

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here