Aksi Cepat Patkamla Menumbing 1.3-46 Laksanakan SAR dan Evakuasi Penumpang KMP Mutiara Pertiwi

Diposting pada

Persindonesia.com ,Muntok — Patkamla Menumbing 1.3-46 yang merupakan Unsur Patroli jajaran Lanal Babel dan Posal Muntok melaksanakan SAR dan Evakuasi cepat penumpang KMP Mutiara Pertiwi yang karam di perairan Gusung Karang Aji Muntok Kabupaten Bangka Barat.

Menurut sumber dari Pos AL Muntok kepada awak media ini, Senin 12/10/2020 bahwa Evakuasi cepat untuk menyelamatkan para penumpang dan ABK KMP Mutiara Pertiwi di respon langsung oleh Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Dudik Kuswoyo, S.E.,M.Tr.Hanla dengan memerintahkan Danposal Muntok Kapten Laut (T) Yuli Prabowo untuk memimpin langsung evakuasi dengan on board di Patkamla menumbing 1.3.46.

Kapten Laut (T) Yuli Prabowo selaku Danposal Muntok mengatakan,” Bahwa Tim Aksi Cepat Patkamla Menumbing 1.3-46 setelah mendapatkan informasi dari KSOP Muntok,bahwa KMP Mutiara Pertiwi tolak dari Pelabuhan Tanjung Siapi Api menuju Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok dan karam pada malam hari,Minggu 11/10/2020 ,” Terangnya.

 

Dalam waktu setengah jam keseluruhan penumpang maupun supir truk serta minibus berhasil di evakuasi dari KMP Mutiara Pertiwi ke kapal KN Kalian milik Navigasi oleh Patkamla Menumbing 1.3-46 bersama KP 27 Polairud Bangka Barat,” Ungkap Kapten Laut (T) Yuli Prabowo.

Setelah kapal KN Kalian sandar di dermaga ASDP Tanjung Kalian seluruh penumpang di data dan lakukan pengecekan prokes oleh KKP wilker Muntok dan Puskesmas Kecamatan Muntok jumlah terdata keseluruhan penumpang 58 orang baik supir truk maupun minibus yang selanjutnya para penumpang di fasilitasi untuk makan malam dan penginapan oleh pihak pengurus KMP mutiara Pertiwi,”Jelas Kapten Laut (T) Yuli Prabowo.

Penjemputan penumpang KMP Mutiara Pertiwi di dermaga ASDP Tanjung Kalian di hadiri oleh Sekda Kabupaten Bangka Barat, Kasatpel Muntok, Kepala Puskesmas, Kasatpol Airud, KKP Satpol PP, BPTD, BPBD, anggota Kodim 0431/Bangka Barat.

Kapten Laut (T) Yuli Prabowo menambahkan bahwa penyebab karamnya KMP Mutiara Pertiwi yang di ketahui membawa kendaran baik truk dan minibus berjumlah total 17 ( sesuai manifes) masih dalam penyelidikan pihak berwenang dan selanjutnya pergerakan KMP Mutiara Pertiwi menunggu air pasang tinggi keesokan harinya.”Tutupnya.(*/Ale).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *