Satgas TMMD Kodim Badung Gelar Penyuluhan Lingkungan Hidup Dan Kehitanan

0
12

Persindo Denpasar Bali –  Rangkaian demi rangkaian kegiatan terus mengiringi penyelenggaraan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 109 Kodim 1611/Badung Tahun Anggaran 2020.

Kegiatan tersebut dilaksanakan salah satunya lewat kegiatan sasaran non fisik melalui sosialisasi dan penyuluhan lingkungan hidup dan kehutanan kepada masyarakat Dusun/Banjar Kertagraha, Desa Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur, bertempat di Balai Banjar setempat, Minggu (11/10/2020).

Pemberian materi tentang lingkungan hidup dan kehutanan disampaikan oleh Ketut Adi Wiguna selaku Kepala Bidang KLH Kota Denpasar yang pada kesempatan tersebut mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan dan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

“Mari kita sama-sama menjaga lingkungan dan memanfaatkannya secara bijak serta melestarikan alam sehingga bisa kita wariskan kepada anak cucu kita. Pengolahan lingkungan yang tidak tepat tentu akan merugikan kita di masa mendatang”, jelasnya.

Selain itu, sebut Ketut Adi jika lingkungan rusak bisa menimbulkan perubahan iklim dan bencana seperti banjir dan tanah longsor. maka suatu saat sungai pun bisa tercemar dan bisa menimbulkan dampak negatif bagi kita.

Ia juga mengajak warga untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah secara sembarangan. Sampah yang ada, tambahnya, sebaiknya dikelola secara bijak.

“Mari kita lakukan pemilahan sampah organik dan non organik. Jika tidak maka sampah dipastikan juga bisa menjadi sumber bencana bagi kita. Terutama sampah plastik yang tidak bisa terurai. Jangan pernah menjadikan sungai sebagai lubang sampah, karena sungai merupakan masa depan kita sampai ke anak cucu”, ajaknya.

Di tempat yang sama, Danramil 1611-06/Petang Kapten Inf I Wayan Suara mengatakan pelaksanaan kegiatan penyuluhan lingkungan hidup dan kehutanan ini merupakan salah satu kegiatan sasaran non fisik TMMD Ke 109 Kodim 1611/Badung yang sedang berlangsung di Banjar Kertajiwa, dengan tujuan bahwa perlunya kita menjaga lingkungan dan hutan yang ada ditempat kita masing-masing demi menjaga kelestarian alam dan mempertahankan ekosistem yang ada.

Menurut Kapten Wayan Suara, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran tentang perlunya menjaga lingkungan hidup dan melestarikan hutan yang ada sebagai warisan yang harus dijaga demi kelangsungan hidup para generasi muda yang akan datang.

Sebelum acara sosialisasi dimulai, dalam sambutannya Kepala Dusun Banjar Kertagraha Wayan Merta mengucapkan terima kasih kepada Satgas TMMD Ke 109 Kodim 1611/Badung Tahun 2020 dan warga masyarakat yang telah hadir pada acara sosialisasi tentang lingkungan hidup dan kehutanan.

Dirinya berharap dengan kegiatan sosialisasi ini agar nantinya warga masyarakat semua bisa memahami dan bisa dipraktekkan langsung di lingkungan masing-masing.

Senada, Kelian Adat Banjar Kertagraha Kadek Udana juga mengucapkan terima kasih kepada Satgas TMMD Ke 109 Kodim 1611/Badung atas diselenggarakannya sosialisasi tentang lingkungan hidup dan kehutanan.

Dengan adanya acara sosialisasi ini Kadek Udana sangat mendukung karena dapat menambah pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan di tengah kehidupan kita sehari-hari.  Rls.

Krida Radio Live

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here