Temuan Pertama Kali di Dunia Makanan Beku Pembawa Korona, Ini Penjelasanya

0
59

Persindonesia.com China – Laporan dari laman situs web minggu lalu di kota Qingdao Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) China mendeteksi dan mengisolasi virus korona hidup pada kemasan luar dari cod beku selama upaya untuk melacak virus dalam wabah.

Ini merupakan penemuan, yang pertama di dunia, menunjukkan kemungkinan virus ditularkan dari jarak jauh melalui barang beku, katanya.

Dilansir dari Routers, dua pekerja dermaga di Qingdao yang awalnya didiagnosis sebagai infeksi tanpa gejala pada bulan September membawa virus itu ke rumah sakit dada selama karantina karena disinfeksi dan perlindungan yang tidak memadai, yang menyebabkan 12 infeksi lain terkait dengan rumah sakit tersebut, kata pihak berwenang pekan lalu.

Ribuan Warga Thailand Turun Kejalan Protes Menentang Tindakan Keras Kejadian

Namun, pernyataan terbaru CDC tidak menunjukkan bukti kuat bahwa dua pekerja di Qingdao tertular virus dari kemasan secara langsung, bukannya tertular virus dari tempat lain dan kemudian mencemari kemasan makanan yang mereka tangani, kata Jin Dong-Yan, seorang ahli virologi. profesor di Universitas Hong Kong.

CDC mengatakan tidak ada contoh yang ditemukan dari setiap konsumen yang tertular virus dengan melakukan kontak dengan makanan beku dan risiko terjadinya hal ini tetap sangat rendah.

Meskipun demikian, disarankan agar pekerja yang menangani, memproses, dan menjual produk beku harus menghindari kontak langsung kulit dengan produk yang mungkin dapat tercemar.

Warga Kertalangu Apresiasi Berbagai Kegiatan Sosialisasi Satgas TMMD

Staf tidak boleh menyentuh mulut atau hidung mereka sebelum melepas pakaian kerja yang mungkin terkontaminasi tanpa mencuci tangan mereka dan harus melakukan tes secara teratur, kata badan tersebut.

Sebelum temuan terbaru CDC, jejak genetik virus telah ditemukan dalam beberapa sampel yang diambil dari makanan beku atau kemasan makanan, tetapi jumlah virusnya rendah dan tidak ada virus hidup yang diisolasi, kata badan tersebut.

Hanya virus hidup yang dapat menginfeksi orang, sementara sampel yang mengandung virus mati juga dapat dites positif untuk jejak virus, kata Jin.(***)

sumber : Routers

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here