Pj Bupati Sintang Hadiri Launching Desa Tangkal Covid-19, di Halaman Kelurahan Kapuas Kanan Hulu

0
14

Sintang,Persindonesia-Penjabat (Pj) Bupati Sintang Ir. Florentinus Anum, M. Si menghadiri acara pencanangan Desa Tangkal Covid-19 dan Desa Mandiri Sehat yang dilaksanakan oleh Kodim 1205 Sintang di Halaman Kantor Lurah Kapuas Kanan Hulu Kecamatan Sintang, Senin (02/11/2020).

Komandan Komando Resor Militer 121/Alambhana Wanawwai (Danrem 121/Abw) Brigjen TNI Ronny, S.A.P, menjelaskan langkah yang sudah diambil dalam menekan jumlah terkonfirmasi Covid-19 diantaranya dengan melaksanakan sosialisasi protokol kesehatan, melaksanakan gerakan pendisiplinan di tiap-tiap wilayah, melaksanakan Lomba Desa Mandiri Sehat di wilayah Kalbar.

“Kegiatan pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 ini dalam rangka penanggulangan penyebaran Covid-19 serta merupakan bagian dari pelaksanaan Bhakti TNI untuk menangani masalah sosial dan kemanusiaan, yang dilaksanakan bersifat fisik maupun non fisik.

“Satgas Desa Tangkal Covid-19 bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sehingga diharapkan dapat terjadi perubahan status menjadi daerah zona hijau baik di wilayah Kalbar,”terang Brigjen TNI Ronny, S.A.P

Sementara Penjabat (Pj) Bupati Sintang yang juga ketua satgas oenanganan Covid-19 Kabupaten Sintang, Ir. Florentinus Anum, M. Si, menjelaskan alasan kegiatan ini dipusatkan di kelurahan. “Kelurahan pasti padat penduduk, dan ini harus membuat kita waspada.

Pandemi covid-19 ini merupakan bencana non alam di seluruh dunia, sampai sekarang belum ada obatnya yang ampuh. Menurut saya, menjalankan seluruh protokol kesehatan secara disiplin menjadi salah satu obat yang ampuh untuk melawan Covid-19 ini,” terang Florentinus Anum

“Saya mengajak kita semua untuk mencegah hulunya penularan Covid-19 ini. Kita harus kerja keras mengadapai virus ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sampai saat ini penyebaran Covid-19 di Sintang masih didominasi dari luar dan sejauh ini tidak ada transmisi lokal.

Kita harus hati-hati terhadap orang yang masuk ke daerah kita. Jangan sampai membawa virus corona ke Sintang. Saya berharap ada penurunan angka terkonfirmasi positif di Kabupaten Sintang sebab saat ini Sintang masih masuk daerah zona kuning,” terang Florentinus Anum.

Sementara Lurah Kapuas Kanan Hulu Islandi Sapta Arivelago menyampaikan terima kasih yang tak terhingga karena kami di percayakan sebagai tempat penyelengaraan acara Pecanangan Desa/Kelurahan Tangkal Covid-19 di Kabupaten Sintang. “perlu kami informasikan bahwa pemerintah kelurahan Kapuas kanan hulu selama ini melakukan beberapa kegiatan diantaranya melakukan penyemprotan desinspektan di seluruh wilayah lingkungan RT, rumah ibadah, dan sekolah yang berada di Kelurahan Kapuas Kanan Hulu.

Kegiatan ini kami dilakukan sejak bulan Maret 2020 sampai dengan sekarang. Kegiatan kami laksanakan setiap malam selasa dan malam sabtu. Dalam pelaksanaan kegiatan ini kami selalu berkoordinasi dan bekerja sama dengan pihak Koramil Sintang, Polsek Kota Sintang, dan Busera Sintang” terang Islandi Sapta Arivelago

“Masker sebanyak 2.500 buah sudah kami bagikan kepada seluruh ketua RT, Sekolah SLTA, SLTP, SD dan masyarakat di wilayah kelurahan Kapuas kanan hulu. Selain itu, kami juga sudah membagikan handsanitizer dan sabun cuci tangan kepada sekolah serta rumah ibadah di wilayah kelurahan Kapuas kanan hulu, membagikan thermogun kepada Posyandu sebanyak 3 Ponyandu, membantu beberapa kelurahan lain yang memerlukan bantuan penyemprotan disinspektan seperti membantu kelurahan Kapuas kanan hilir (Masuka), kelurahan ladang serta Karaton Al Mukaramah Sintang,” terang Islandi Sapta Arivelago (Hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here