Sebagai Wujud Keperdulian, KPSPI Menyalurkan Bantuan Pakan Bagi Ternak Terdampak Erupsi Gunung Semeru Di Kab. Lumajang

Diposting pada

MALANG, PersIndonesia – Desember 2020 merupakan garis takdir Kelompok Peternak Sapi Pemuda Indonesia (KPSPI) Malang Raya melaksanakan salah satu programnya yaitu “Kooordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam penanganan hewan ternak saat terjadi bencana atau situasi darurat lainnya.

Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menjadi lokasi kegiatan yang bertajuk “Bakti Ternak saat Bencana Alam dan Situasi Darurat” pasca erupsi Semeru minggu lalu. Kegiatan berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Bersama jejaring Komunitas Peternak Sapi Pemula Indonesia (KPSPI), Pemerintah Kabupaten Lumajang Dinas Pertanian Bidang Peternakan & Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jatim VII yang juga didukung oleh Limousin Group Indonesia, pada hari pertama, Senin 7 Desember 2020 melakukan Layanan Kesehatan Hewan di 3 RT Dusun Sumbersari.

Sekitar lebih dari 50 ekor ternak sapi & puluhan kambing dilakukan pengecekan kesehatan, pemberian vitamin & obat. Rata-rata hewan ternak dalam kondisi sehat, walaupun ada masalah pada pakan yang masih terbatas karena hijauan yang ada di sekitar masih tertutup debu, masyarakat memiliki sedikit waktu untuk mencari pakan hijauan, nafsu makan ternak yang agak menurun & ditemui beberapa luka pada tubuh ternak.

Pada hari-hari selanjutnya akan berlangsung pengiriman bantuan pakan ternak yang dapat dihimpun oleh jejaring KPSPI dari peternak di Indonesia & diaspora di mancanegara, yaitu sedikitnya 3 truk pakan hijauan, 2,5 ton dedak katul, 2 ton pakan konsentrat. Semoga bantuan tersebut dapat membantu meringankan beban masyarakat peternak yang saat ini sedang berjuang mengatasi bencana alam erupsi Semeru.

” Kami selaku jajaran pengurus KPSPI Malang Raya menyatakan empati yang mendalam & turut merasakan keprihatinan atas situasi yang dialami. Semoga bencana alam ini dapat kita lalui bersama & tidak sampai berpengaruh signifikan terhadap populasi ternak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Tutur Salah Satu Pengurus KPSPI

” Kami mengajak pada masyarakat yang berempati untuk meringankan beban demi terjaganya stok pangan hewani. Harapnya (Nusul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *