Sepanjang 2020, Kasus Narkoba Serta Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak Meningkat Di Bondowoso

Diposting pada 1 views

BONDOWOSO, PersIndonesia – Kasus narkoba serta kekerasan terhadap perempuan dan anak di Bondowoso mengalami peningkatan sepanjang tahun 2020.

Berdasarkan press conference akhir tahun 2020 Polres Bondowoso, jumlah kasus narkoba yang berhasil diungkap meningkat 33 % dibanding tahun 2019.

Terperinci yakni ada 77 kasus dengan jumlah tersangka 82 orang, dan dua orang di antaranya merupakan tersangka perempuan.

Sementara itu, untuk pengungkapan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di tahun 2020 mencapai 42 kasus. Meningkat dibanding tahun lalu yang berjumlah 28 kasus.

Kapolres Bondowoso, AKBP Erick Frendriz, saat pers conference Selasa (29/12/2020) mengatakan, untuk kekerasan pada perempuan dan anak ini diperkirakan bahwa salah satu dampak dari pandemi Covid-19. Tepatnya, banyaknya kegiatan di rumah, tingkat ekonomi menurun yang mempengaruhi emosi-emosi tertentu.

“Karena di rumah, bisa jadi yang menjadi pelampiasan keluarga di rumah yakni anak dan istri,” tuturnya.

Sementara terkait dengan jumlah kasus narkoba, jelasnya didominasi oleh oleh kasus penyalahgunaan obat keras berbahaya.

“Dari kasus itu jumlah barang buktinya mencapai 11,89 gram shabu, dan untuk kasus okerbaya barang buktinya mencapai 35.918 butir,” terangnya.

Tentu meningkatnya jumlah tahanan di tengah pandemi, kata Kapolres Erick, membuat pihaknya lebih selektif lagi. Artinya, ada upaya untuk mencegah kluster baru di Lapas.

Dimulai dari rapid antibodi saat diperiksa, kemudian bila akan masuk penahanan akan ditindaklanjuti dengan prosedur lebih lanjut dari Satgas penanganan Covid-19.

Sementara itu data dihimpun mencarat untuk kasus curat ada 108 kasus (turun 23 persen), kasus tipu gelap naik 10 persen jadi 99 kasus, anirat ada 86 kasus atau meningkat 10 persen. (Yetno)

317600login-checkSepanjang 2020, Kasus Narkoba Serta Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak Meningkat Di Bondowoso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *