Memastikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berkualitas, Berkarakter dan Berakhlak Sebagai Bagian Integral menyongsong Bonus Demografi 2030-2035 Dan Indonesia Emas 2045.

Diposting pada

Bondowoso, Persindonesia – Jember, 8 Januari 2021 , Anggota DPR RI Fraksi Partai Golongan Karya H. Muhamad Nur Purnamasidi (Bang Pur) kembali melakukan giat karya nyata demi dan untuk kemajuan masyarakat di dapilnya. Kepedulian anggota dewan ini terhadap dunia pendidikan tidak perlu diagukan lagi, terlebih terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Hal itu dibuktikan dengan pemberian bantuan rehabilitasi/renovasi gedung PAUD di Kabupaten Jember.
Lembaga PAUD yang menerima Bantuan tersebut adalah PAUD ASY SYUKRON yang berlokasi di dusun Paguan, RT.04 RW.03 Desa Petung, Kecamatan Bangsalsari dengan kepala sekolah Anis Usiatiningsih,S.Pd. Penerima lainnya, PAUD AS SYARIF Desa Kaliwining, Kecamatan Rambipuji dengan kepala sekolahnya Ust. Rifkiyanto.

Masing masing PAUD mendapat Bantuan berupa uang senilai Rp. 80.000.000.00 yang langsung ditransfer ke Rekening sekolah, tanpa ada biaya administrasi atau pemotongan sepeserpun. Program Bantuan Rehabilitasi tersebut bekerja sama dengan Kemendikbud RI, Dirjend PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Suasana yang kondusif, lingkungan pendidikan yang nyaman, aman, bersih sehat dengan ketersediaan sarana dan prasarana baik fisik maupun non-fisik menjadi salah satu penunjang utama keberhasilan PAUD, ungkap Bang Pur yang juga pernah menjadi guru swasta di sebuah SMK Jember era 1995 dengan gaji 25.000/bulan.

PAUD merupakan pondasi pendidikan formal anak yang pertama, dengan prinsip “belajar sambil bermain dan bermain sambil belajar,” ungkap Bang Pur. Karena itu harapannya, anak anak harus selalu di bawa dalam suasana kegembiraan, itu kuncinya. Yang terpenting dari PAUD lah penguatan karakter serta kecenderungan untuk mengenal bakat/potensi, berinteraksi, bersosialisasi sesama siswa, lingkungan pendidikan serta alam perlu dikedepankan. Karena PAUD adalah usia emas ketika pertumbuhan otak tumbuh secara optimal.

Memastikan pendidikan berkualitas yang layak dan inklusif melalui penyiapan sumberdaya manusia berkualitas sejak dini, sebagaimana menjadi tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

Dari PAUD sekarang harus benar-benar menjadi perhatian utama. Kenapa demikian? Karena dari anak usia PAUD sekarang menjadi tonggak pelaku bonus demografi 2030-2035 dan penentu generasi emas 2045 Pungkasnya. (Agam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *