Desa Penyaringan Ditunjuk Mewakili Jembrana Sebagai Desa Tangguh Dewata

Diposting pada

Persindonesia.com Jembrana – Tim Penilaian Desa Tangguh Dewata Polda Bali diterima langsung oleh Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa, S.I.K, bertempat di Gedung Serbaguna Desa Penyaringan. Rabu (13/01)

Selain Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa, S.I.K juga tim yang dipimpin oleh AKBP I Nengah Danya Pawitra, S.H bersama diterima oleh Bupati Jembrana I Putu Artha, Dandim 1617 Jembrana Letkol Inf Hasrifudin Haruna S.Sos dan Kadis Kesehatan Kab. Kab. Jembrana Dr. I Gst Ngr Oka Parwata serta jajaran perangkat Desa Penyaringan.

Kegiatan dimuali dengan Simulasi / peragaan penangana Covid-19 oleh Satgas Gotong Royong Desa Tangguh Dewata Penyaringan dalam penanganan Covid-19 apabila terjadi di Desa Penyaringan dan dilanjutkan dengan serimonial kegiatan penanganan Covid-19.

Pengunjung Pantai Batu Bolong Di Himbau Tetap Patuhi Prokes

Dalam hal ini Perbekel Penyaringan I Made Dresta mengatakan, profil Desa Penyaringan, geografi, penduduk, mata pencaharian, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan ada 2 berupa Pustu. di Penyaringan telah terbentuk 3 Satgas Gotong Royong dan 1 Satgas Desa.

“Satgas yang ada selalu bersinergi dan sudah punya awig sesuai Pergub Bali. 3M masuk dalam aturan Satgas Gotong Royong. Melakukan penyemprotan disinfektan melalui banjar masing-masing,” jelasnya.

Lebih lanjut Dresta mengatakan, Satgas Gotong Royong telah melakukan pemberian masker kepada masyarakat. Pemberian tempat cuci tangan 18 buah ke masing-masing banjar. Pemberian bantuan sembako yang bersumber dari kabupaten, provinsi, instansi terkait kepada KPM yang ada di Desa Penyaringan.

Walikota Prabumulih Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran

“Pandemi ini banyak warga yang kehilangan mata pencaharian yang sebelumnya bekerja di bidang pariwisata dan sekarang telah beralih sebagai petani panili, terong, cabai dan jamur,” ucap Dresta

Ditempat yang sama Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa SIK sebelum ditunjuk mewakili Jembrana mengatakan, sebelumnya Polres Jembrana telah melakukan lomba awal dengan perwakilan dari 5 desa dari Polsek jajaran sehingga Desa Penyaringan ditunjuk mewakili Jembrana karena dinilai dari berbagai aspek.

“Desa Penyaringan tidak ada pasien covid yang diisolasi di rumah, dan semuanya diisolasi di faskes, dari segi ekonomi bahwa Desa Penyaringan ada budi daya salak asli dari Desa Penyaringan. Ekonomi Desa penyaringan benar-benar tangguh, di depan pintu masuk desa sudah ada Posko Covid 19 yang dilaksanakan setiap hari,” ungkap Gede Adi.

Nelayan Temukan Mayat Tanpa Busana Ditepi Pantai Pelisan

Ia menambahkan, Polda Bali dengan program membentuk Desa Tangguh agar dapat menekan Covid-19, mari bersama-sama elemen masyarakat mencegah penyebaran Covid 19. Vaksin sudah ada, pada bulan Februari akan dilakanakan vaksin terhadap warga, yang diutamakan kepada tenaga kesehatan.

Sementara Ketua Tim Penilai Polda Bali AKBP I Nengah Danya Pawitra, S.H mengatakan, ini merupakan program nasional yang merupakan terobosan Kapolri setelah mendapat restu dari Presiden RI.

“Tujuan dari Lomba Desa Tangguh Dewata adalah Polri untuk mendorong masyarakat bekerjasama dengan stakeholder bagaimanapun ditengah pandemi kita tetap tangguh baik secara ekonomi, tidak hanya mengharapkan bantuan / mandiri semakin bagus,” jelas Pawitra.

Calon Tunggal Kapolri Pilihan Jokowi

Ia menambahkan, dan tangguh juga Masyarakat untuk melakukan protokol kesehatan secara disiplin, secara umum kepatuhan masyarakat untuk pakai masker, penggunaan masker sangat penting sekali.

“Ditengah pandemi tidak diharapkan terjadi Kejahatan. Kejahatan muncul karena ada Niat dan Kesempatan, mari tingkatkan giat ronda desa guna menghilangkan niat para pelaku kejahatan,” tegas Pawitra.

Ia menambahkan, Penanganan pencegahan Covid-19 ini tidak sebatas pada penialian lomba saja namun dilaksanakan setiap hari guna mencegah dan memutus mata rantai virus corona ini, tutup Pawitra. (SUB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *