Tindak Lanjut Somasi Kades Tamanan “Tak Diindahkan, Ketua DPC JPKPN Bondowoso Layangkan Somasi Kedua”

Diposting pada 6 views

Bondowoso, Persindonesia – Lantaran somasi pertama bernomor 001/JPKPN/SP-01/DPC-0332/2021 tertanggal 15 Januari 2021 tak diindahkan, Ketua JPKP Nasional DPC Bondowoso, Mohammad Agam Hafidiyanto, SH bersana Gigih Bijaksono Pranoto, SH.,selaku Penasehat Hukum JPKPN DPC Bondowoso kembali melayangkan surat somasi kedua sekaligus terakhir terhadap oknum Kepala Desa (Kades) Tamanan, Adi Sucipto terkait dugaan rangkap jabatan BUMDes dan Penyimpangan Pengelolaan Dana Desa pada anggaran terkait sampah yang tercantum pada APBDes Desa Tamanan T.A. 2019 & T.A. 2020.

“Mengingat somasi pertama tidak diindahkan oknum Kades Tamanan, maka kami akan melayangkan somasi kedua pada Rabu (20/1/21). Tentu Penasehat Hukum, kami sangat menyayangkan sikap acuh oknum kades tersebut,” kata Gigih Bijaksono Pranoto,SH,,Selasa (19/11).

Gigih menegaskan bahwa somasi adalah teguran hukum yang semestinya oleh oknum kades dapat memberikan tanggapan karena wilayah somasi adalah wilayah nonlitigasi. Artikan, bisa saja duduk bersama mencari solusi dari permasalahan ini.

Namun dengan sikap acuh tak acuh tersebut, maka pihaknya berasumsi kalau oknum kades telah dengan sengaja dan tmengabaikan surat teguran tersebut.

“Seorang kades adalah pejabat negara, meskipun wilayah desa, sebagai pejabat negara harus melaksanakan tugas yang baik untuk kepentingan warganya.

Keluhan warga yang ditampung oleh Ageng, selaku Ketua PAC JPKPN Tamanan dan diteruskan ke DPC JPKPN Bondowoso, dan Nusul Bahri, Divisi Monitoring dan Investigasi JPKPN juga telah mendapatkan data data valid yang telah dipelajari dan dijadikan acuan dasar dalam mensomasi oknum kepala desa atas dugaan rangkap jabatan BUMDes dan Penyimpangan Pengelolaan Dana Desa, dan apabila somasi kedua tetap tidak diindahkan maka kami akan menindaklanjuti persoalan ini secara serius dan akan menempuh jalur formal atau secara litigasi,” jelas Mohammad Agam, Ketua DPC JPKPN Bondowoso.

Langkah kongkrit ke depan, kata Gigih selaku Penasehat Hukum JPKPN, pihaknya akan melaporkan perihal dugaan tersebut dan meminta pertanggung jawaban secara hukum di Kejaksaan Bondowoso.

“Ya, tapi kami masih akan memberikan kesempatan kedua dengan melayangkan somasi kedua. Jika tetap tidak digubris, maka kami pastikan langkah hukum selanjutnya,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PAC JPKPN Tamanan mengatakan, pihaknya sangat menyesalkan sikap apatis dari oknum kades dengan tidak menggubris somasi yang dilayangkan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Penasehat Hukum kami untuk melakukan upaya hukum selanjutnya. Ya, itu hak oknum kades untuk tidak membalas somasi yang dilayangkan,” tutur Ageng.

Diketahui, pernyataan oknum Kades Tamanan Adi. Sucipto yang hanya menyampaikan akan hadir pada hari Senen, seperti yang disampaikannya kepada utusan kami, dalam agenda menyampaikan surat somasi kedua Rabu (20/1/21) lalu. (Nusul)

358230login-checkTindak Lanjut Somasi Kades Tamanan “Tak Diindahkan, Ketua DPC JPKPN Bondowoso Layangkan Somasi Kedua”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *