Kodam IX/Udayana Ikuti Vidcon Evaluasi Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat

Diposting pada 1 views

Persindo Denpasar – Kodam IX/Udayana kembali mengikuti kegiatan Video Conference (Vidcon) Rapat Koordinasi (Rakor) Satgas Penanganan Covid-19 Nasional yang dihadiri oleh Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana Brigjen TNI Hendrikus Joko Rianto didampingi Asintel Kasdam IX/Udayana, Asops Kasdam IX/Udayana, Aster Kasdam IX/Udayana, Kakesdam IX/Udayana dan Karumkit Tk. II Udayana, di Ruang Yudha Puskodalopsdam IX/Udayana, pada Minggu (24/01/2021) malam.

Rakor yang dipimpin oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito dan dimoderatori oleh Kabid Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Nasional Brigjen TNI (Purn) dr. Alexander K. Ginting S., Sp.P(K), FCCP., tersebut mendiskusikan tentang situasi perkembangan pengendalian penanganan Covid-19 serta evaluasi kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19 dan jenis kegiatan perubahan perilaku yang efektif dan aplikatif.

Pada kesempatan tersebut, Brigjen TNI (Purn) dr. Alexander K. Ginting S., Sp.P(K), FCCP., yang kesehariannya juga menjabat sebagai Staf Khusus Menkes Bidang Pembangunan dan Pembiayaan Kesehatan, memaparkan secara umum bahwa selama sepekan terakhir terdapat 76 dari 401 kabupaten/kota yang memiliki tingkat kepatuhan memakai masker kurang dari 60%.

Kemudian untuk kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan, selama sepekan terakhir terdapat 72 dari 401 kabupaten/kota yang memiliki tingkat kepatuhan, dalam kepatuhan untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan kurang dari 60%.

“Maka, terjadilah peningkatan jumlah orang yang dipantau dan ditegur pada masa pemberlakuan PPKM, sehingga terlihat adanya peningkatan kedisiplinan saat penegakan penerapan protokol kesehatan diterapkan,” ucapnya.

Selanjutnya, Kabid Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Nasional mempersilahkan beberapa pejabat publik di masing-masing daerah untuk memaparkan dan melaporkan evaluasi kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19 dan jenis kegiatan perubahan perilaku yang diterapkan pada masyarakat di daerahnya masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut, Satpol PP Provinsi Bali I Dewa Nyoman Rai Dharmadi, S.H., M.Si., mengungkapkan bahwa penyebaran Covid-19 di Provinsi Bali masih memerlukan upaya bersama oleh pemerintah dan seluruh komponen masyarakat termasuk warga negara asing untuk mentaati himbauan peraturan penerapan prokes dan perilaku hidup bersih dan sehat dengan menggerakkan program Clean, Health and Safety.

Sementara itu, laporan implementasi pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berskala Besar di Provinsi Bali yang disampaikan oleh Kalaksa BPBD Bali Drs. I Made Rentin, AP.M.Si., memaparkan bahwa pada minggu ke 3 ini telah terjadi peningkatan jumlah masyarakat yang dipantau dan ditegur pada masa pemberlakuan PPKM dan PSBB.

“Dari 9 kabupaten dan 1 kota di Provinsi Bali, pada rentang waktu tanggal 18 sampai dengan 25 Januari 2021, terdapat 376 orang yang didenda dan 1.338 orang yang memilih untuk pembinaan,” ucap Kalaksa BPBD Bali.

Diakhir vidcon, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito menerangkan tentang kondisi terakhir Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo yang terpapar Covid-19. Jubir Satgas mengungkapkan bahwa Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 sedang dalam isolasi dan keadaannya baik-baik saja.

“Beliau sekarang sedang dalam isolasi dengan perawatan yang baik dan kondisi yang juga baik. Beliau positif tertular virus corona menyusul aktivitas padat dalam sepekan terakhir yang dijalaninya dalam memimpin penanggulangan bencana gempa bumi di Sulawesi Barat dan banjir di Kalimantan Selatan. Mari kita doakan beliau agar segera pulih dan dapat beraktivitas kembali,” harap Prof. Wiku Adisasmito.

Dari satuan masing-masing di jajaran Kodam IX/Udayana, Rakor tersebut juga diikuti oleh Danrem 161/WS, Danrem 162/WB dan Danrem 163/WSA, serta Para Dandim Jajaran Kodam IX/Udayana. (Pendam IX/Udayana)

364640login-checkKodam IX/Udayana Ikuti Vidcon Evaluasi Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *