Asik Nangkap Ikan, Kapal Ikan Asing, Berhasil Diamankan PSDKP Kota Batam.

Diposting pada 0 views

 

Persindonesia.com Batam – Pangkalan Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) kota Batam telah mengamankan satu Kapal Ikan Asing (KIA).

Gandeng Kodim Bangli, Komunitas Bali Trail Running Serahkan Sembako

Kepala PSDKP Batam, Salman Mokoginta menyampaikan soal penangkapan kapal dengan nomor seri KM JHF 4631 B ini dilakukan pada tanggal 21 Januari 2021 pukul 08.15 WIB. Kapal ini ditangkap di perairan Selat Malaka.

 

“Saat kapal yang dinahkodai oleh Gek Kuan usia 41, sudah masuk teritorial perairan Indonesia  sekitar 2,2 mil dari perbatasan sedangkan kapal ini pun tidak memasang bendara negara asalnya,” ungkapnya

 

Salman melanjutkan, KP Hiu 03 milik PSDKP Batam langsung  bertindak cepat. Tanpa perlawanan, kapal kayu ini diamankan oleh petugas.

 

“Saat dilakukan pemeriksaan, di dalam kapal dengan panjang sekitar 14, 5 meter terdapat dua ABK bernama Lee Kim Hui (40) dan Chia Kia Chong (38). Petugas juga menemukan ikan hasil tangkapan sebanyak 5 kilogram,” jelasnya.

SD Negeri 005 Cinta Damai Terima Kunjungan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Desa Cinta Damai.

Dimana pelaku ilegal fishing baru melakukan aksinya di laut, mereka hanya mendapatkan ikan sebanyak 5 kilo.

 

“Mereka mengaku baru pertama kali mencuri ikan di perairan Indonesia. Pelaku ini memberanikan diri karena di perairan Indonesia banyak ikan,” kilah Salman.

 

Tiga pelaku ilegal fishing ini melanggar pasal 92 jo pasal 26 ayat 1, pasal 98 jo pasal 42 ayat 3 sektor kelautan dan perikanan, undang undang no 11 tahun 2020 tentang cipta kerja, pasal 85 jo pasal 9 undang undang no 55 tahun 2009 tentang perubahan atas undang undang no 31 tahun 2004 tentang perikanan,

mereka tidak memiliki dokumen perizinan menangkap ikan, seperti SIUP dan SPB dari pemerintah Indonesia.

Mobil Kreditan Diping-Pong, Akhirnya Terdakwa Dipenjara

“Pada penyelidikan Selanjutnya tiga pelaku ilegal fishing akan di proses secara hukum yang berlaku,” ucap Salman.

 

Sementara Nahkoda kapal KM JHF 4631 Gek Khuan menuturkan, dalam pelayaran kapal kami tidak sengaja memasuki perairan Indonesia saat menangkap ikan sehingga terbawa arus sampai masuk jauh ke perairan Indonesia. (Jeffri Batam)

366370login-checkAsik Nangkap Ikan, Kapal Ikan Asing, Berhasil Diamankan PSDKP Kota Batam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *