Istimewa (antara)
Istimewa (antara)

Gunung Merapi Alami Gempa Sebanyak 24 Kali dan Lontarkan Lava Pijar Sejauh 900 Meter

Diposting pada 0 views

Persindonesia.com DIY – Ditengah pandemi Covid-19, dan cuaca tidak menentu, dibarengi dengan Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta menunjukan aktivitasnya,

Diketahui sekitar pukul 00.00 Wib sampai 06.00 Wib, Gunung Merapi tersebut sebanyak empat kali meluncurkan lava pijar dengan jarak maksimum 900 meter ke arah barat daya.

Kasus Corona Jembrana Menurun, Ini Penjelasan Dr. Oka Parwata

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida, menjelaskan selama periode pengamatan, Gunung Merapi juga mengalami 24 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-21 mm selama 13-109 detik dan satu kali gempa hembusan dengan amplitudo 7 mm selama 16 detik, seperti dilansir dari Antaranews.

“Asap tidak teramati keluar dari puncak kawah Gunung Merapi, yang selama periode pengamatan dinaungi awan mendung dan diliputi angin yang bertiup lemah ke arah selatan,” jelas Humaida.

Asik Bermain Warnet, Pelaku Pencurian Sepeda Motor Diringkus Polisi

Ia juga menjelaskan, pengamatan pada periode Selasa (2/2) pukul 00.00-24.00 Wib, tercatat 10 kali meluncurkan guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimum 800 meter ke arah barat daya dengan deformasi yang terukur dari Pos Babadan rata-rata 0,3 cm per hari dalam tiga hari.

“BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada Level III atau Siaga.,” ucap Humaida.

Wakil Walikota Resmikan Bank Syariah Indonesia Di Tangsel

Dampak dari guguran lava pijar serta awan panas diperkirakan berdampak pada wilayah sektor selatan-barat daya, yang meliputi Sungai Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

“Jika terjadi letusan, tidak menutup kemungkinan lontaran material vulkanik dari Gunung Merapi dapat menjangkau radius tiga km dari puncak gunung,” tutup Humaida. (***)

381830login-checkGunung Merapi Alami Gempa Sebanyak 24 Kali dan Lontarkan Lava Pijar Sejauh 900 Meter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *