Wacana Festival Dukun Santet Banyuwangi, Mendapat Kecaman dari La Lati SH

Diposting pada 2 views

Banyuwangi, Persindonesia.com – Wacana pergelaran Festival Dukun Santet pada Bulan Syuro 2021 yang kana digelar oleh (Perdanu) Persatuan Dukun Nusantara di Banyuwangi mendapat kritikan tajam dari Aktivis sekaligus Pengacara La Lati.SH.

Saat ditemui awak media Aktivis sekaligus Pengacara LA LATI. SH mengatakan,  terlebih lagi Persatuan Dukun Nusantara akan menggelar kegiatan Festifal Dukun Santet pada Bulan Syuro 2021, menurutnya Festival Dukun Santet yg di gagas oleh (oknum) tokoh agama sangat di sayangkan karena akan merusak  nilai – nilai luhur ajaran Agama Islam, bukan kata “dukun-nya” tapi kata “santet-nya” yang menjadi unsur kontra produktif di masyarakat luas terangnya. Sabtu (06/02).

Media Pers Indonesia Biro Surabaya Berbagi Dengan Warga Surabaya

“Dalam ajaran nilai-nilai islam kita di anjurkan untuk menjauhi praktek  dukun. Nah kalau ada oknum (tokoh agama) yang menggagas “Festival Dukun Santet” patut kita pertanyakan keimanannya, saya mengecam keras wacana Festifal Dukun Santet ini bila perlu ada gerakan bersama untuk menggagalkan Festival Dukun Santet di Banyuwangi semua ini kita lakukan karena kecintaan kita terhadap Kabupaten Banyuwangi,” ucapnya.

Lebih jelasnya La Lati mengatakan, kita harus belajar dari peristiwa kelam tahun 1998, peristiwa pembantaian dukun santet yang sangat mengerikan di Banyuwangi yang menelan ratusan korban, banyak para kyai ikut jadi korban fitnah dan pembunuhan, kok sekarang ucuk-ucuk mau di munculkan lagi budaya santet ini ???. Sebagai aktivis kita harus peka menjaga kestabilan budaya & kestabilan kamtibmas Banyuwangi, saya mendesak pihak-pihak terkait.

Tenaga Kesehatan RSU Negara Meninggal Dunia Terkonfirmasi Covid-19

“Tokoh-tokoh agama agar festival dukun santet  di gagalkan, apapun alasan mereka (Perdanu). Banyuwangi ini jangan di kotori  “destinasi  mistik” yang mengancam kestabilan kamtibmas. Destinasi Wisata Banyuwangi sudah terkenal di tingkat nasional dan internasional seperti Festival Tari Gandrung – festival Tour The Ijen. Jadi tidak perlu Destinasi Mistik Dukun Santet segala,” tutupnya.

ABADI/ TIM

389130login-checkWacana Festival Dukun Santet Banyuwangi, Mendapat Kecaman dari La Lati SH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *