Bupati Artha : Donor Plasma Kegiatan Sangat Mulia, Bantu Sembuhkan Pasien Covid-19

Diposting pada 0 views

Persindonesia.com Jembrana – Kegiatan donor darah plasma konvalesen merupakan kegiatan yang sangat mulia dimana sangat bermanfaat bagi masyarakat Jembrana yang membutuhkan.

Hal tersbut diungkapkan oleh Bupati Jembrana I Putu Artha SE saat menghadiri kegiatan donor darah plasma dalam rangkaa HUT ke-60 Korem 163/ Wira Satya yang diadakan oleh Kodim 1617 Jembrana. Bertempat Gedung Serba Guna Auditorium Jalan Sugianyar Kelurahan Dauhwaru Jembrana, Selasa (09/02/2021)

Team SAR Brimob Jabar, Evakuasi Korban Banjir Pamanukan Subang

“Semoga akan semakin banyak pasien yang sembuh terapi ini, dan angka kematian covid-19 semakin berkurang. Saya berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilanjutkan serta ditingkatkan lagi,” kata Artha.

Lebih lanjut Bupati Artha mengajak untuk ikut melakukan donor bagi penyintas covid-19. “Selain dengan pemberian vaksin, ini juga merupakan salah satu langkah kita dalam melakukan penyembuhan kepada pasien covid-19 utamanya yang bergejala berat.

Jajaran Polres Tangsel Berhasil Ungkap Kasus Pemalsuan Dan Peredaran Uang Palsu

Kepada masyarakat penyintas covid-19 lainnya saya minta untuk ikut berpartisipasi yang dilanjutkan juga dengan upaya penyadaran kepada masyarakat agar lebih memahami upaya – upaya pencegahan covid-19,” terang Artha.

Sementara itu Dandim 1617 Jembrana Letkol Inf. Hasrifuddin Haruna mengatakan, sehari sebelum pelaksanaan telah dilakukan screening baik itu untuk donor darah biasa dan donor darah plasma konvalesen. “Khusus untuk donor darah plasma konvalesen, dari 40 orang yang kita lakukan screening, hanya dua orang yang lolos screening dan hari ini kita lakukan proses donor tersebut,” ujarnya.

PT Sewangi Sejati Luhur nyatakan sudah pasilitasi perkebunan masyarakat 20% dari HGU 6700Ha

Lebih jelasnya Dandin mengatakan, kegiatan donor darah sudah menjadi agenda rutinnya dan untuk donor plasma konvalesen ini merupakan donor yang pertama kali dilakukan di Jembrana. “Ini pertama kalinya diadakan donor plasma konvalesen di Jembrana. Ini dilakukan sebagai upaya menekan penyebaran virus covid-19.

Ditempat yang sama UTD PMI Prov Bali dr. Chandra Indriasari menambahkan, yang tidak lolos skrining kemarin kebanyakan dikarenakan titer antibodi covidnya tidak mencapai standar titer yang diharapkan, untuk bisa memberikan efek terafi kepada pasien, ada titer tertentu yang tercapai minimal 1 per 80 tapi yang kemarin skrining itu titernya sangat lemah.

Akibat Minuman Keras Karena Salah Paham, Kadek Dipukul Hingga Tewas

“Penyebab yang lain adalah adanya riwayat penyakit jadi biasnya kalau ada komorbit tidak diijinkan seperti punya riwayat diabetes atau yang ada keluhan seperti flu, kita tidak ijinkan, darah yang kita berikan kepada pasien harus aman dan berkuwalitas,” ucap Chandra

Lebih jelasnya ia mengatakan, peserta yang ikut donor plasma kali ini bisa nantinya ikut lagi, setelah 2 Minggu mereka bisa ikut lagi, ada salah satu peserta di Denpasar sudah sampai sekitar 100 kali ikut donor plasma ini, tutup dr. Chandra. (Sub/HMS)

396470login-checkBupati Artha : Donor Plasma Kegiatan Sangat Mulia, Bantu Sembuhkan Pasien Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *