Waspada, Kejahatan Siber Dimusim Pandemi

Diposting pada 0 views

SURABAYA – PersIndonesia – Seiring dengan berkembangnya teknologi dan masifnya adopsi smartphone, kejahatan siber seakan sulit dihindarkan. Berbagai kasus penipuan atau scam berupa pesan singkat, sering didapat dari pihak ketiga yang tak dikenal.

Muncul kembali berita heboh dan viral nomer WhatsApp dibobol karna ketidak pahaman pemilik menyerahkan nomer kode ke oknum, penipuan minta transfer uang mulai 400 ribu hingga 1 juta atau minta transfer pulsa 100 ribu ke semua kontak.

“URGENT … Sekali lagi kalau ada WA aq dgn no 085853331114 yg minta transfer atau apapun mohon jangan ditanggapi ghe…
karena no WA aq telah diambil alih oleh orang tidak bertanggung jawab… jadi sekali lagi mohon jangan ditanggapi. terima kasih atas perhatiannya”. Demikian Muhammad Rofiq menulis klarifikasi di media Facebook Senin, 8/2/2021.

Banyak sekali teman Muhammad Rofiq datang kerumah langsung menanyakan prihal pinjam uang 1 juta dan akan dikembalikan besok pagi nyuruh segera kirim atau transfer ke nomer rekening 810901008641241 atas nama Muhammad Rafiq atau ada yang dimintai kirim pulsa 100 ribu kirim ke nomer HP 081904683825.

Berdasarkan data dari Badan Sumber dan Sandi Negara (BSSN), sepanjang bulan Januari hingga Agustus 2020 terdapat hampir 190 juta upaya serangan sumber di Indonesia, naik lebih dari empat kali lipat dibanding periode yang sama tahun lalu tercatat dikisaran 39 juta kasus.

Kasubdit Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Resiko Infrastruktur Informasi Kritikal Nasional III BSSN, Sigit Kurniawan mengatakan “kenaikan tajam jumlah serangan sumber di Indonesia dipengaruhi langsung oleh perubahan pola hidup masyarakat selama pandemi”. (Anang Takim)

396480login-checkWaspada, Kejahatan Siber Dimusim Pandemi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *