Tabayyun, Dukun Jangan Sandingkan Dengan Tokoh Ulama

Diposting pada 0 views

Banyuwangi, persindonesia.com – Wacana “Festival Dukun Santet  Banyuwangi” kini jadi trending topik nasional termasuk para pejabat Daerah Banyuwangi. sejak adanya Deklarasi Persatuan Dukun Nusantara, (Perdunu)

Tabayyun di balai Joglo Dinas Pariwisata dan Budaya dihadiri dari berbagai unsur kalangan, di antaranya Pejabat Kepala Dinas ( Kadisparbud) Banyuwangi M. Yanuarto Bramuda, ketua MUI banyuwangi KH, Muhamad yamin , dan juga Gus Fatah. Selasa (09/02)

Kapolda Bali hadiri peringatan Hari Pers Nasional tahun 2021

Kepala Dinas Pariwisata Dan Budaya ( Kadisparbud) M.yanuarta Bramuda tanggapi hal tersebut dengan serius mengenai Festival Dukun Santet Banyuwangi, menurutnya hal itu tidak di benarkan, semua bisa menimbulkan hal hal yang positif dan  negatif.

Gus Abdul Fatah meluruskan, kalau bisa rekan rekan dari Persatuan Dukun Nusantara ( Perdunu) jangan sampai mengotori norma norma tauhid.

Team SAR Brimob Jabar, Evakuasi Korban Banjir Pamanukan Subang

Sementara itu La Lati. SH. yang juga turut hadir pada waktu diskusi  mengatakan: saya berasal dari Sulawesi dan sekarang saya menjadi warga Banyuwangi sangking cintanya saya terhadap Banyuwangi saya tidak ingin Banyuwangi di identikan dengan Santet.

saya menolak dengan tegas wacana “Festival Dukun Santet” di Banyuwangi apapun alasannya, karena bisa berdampak buruk  terhadap warga Banyuwangi terutama warga Banyuwangi yang berada di luar daerah.

Mih Dewa Ratu! Hujan Angin, Pohon Tumbang Timpa Dua Rumah Warga

Dampak yang paling rawan terjadi adalah gesekan keharmonisan sosial di lingkungan masyarakat di luar Banyuwangi. Sebagai contoh  ketika putra-putri Banyuwangi merantau di suatu daerah, warga pribumi daerah itu bertanya sampean berasal dari mana?. Kemudian di jawab dari kota Banyuwangi tanpa di sadari mereka akan dikucilkan secara sosial. apa lagi misalnya ada (tetangga) yang sakit bisa saja di tuduh bahwa orang Banyuwangi lah yang santet,  ini sangat rawan sekali  tegas La lati SH.

(Er/ABADI)

398740login-checkTabayyun, Dukun Jangan Sandingkan Dengan Tokoh Ulama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *