Kabid Humas Polda Bali Apresiasi Posko Tangguh Dewata Desa Dauh Peken Tabanan

Diposting pada 0 views

Persindonesia.com – Berbagai cara dilakukan pemerintah untuk menghentikan penularan Covid-19. Meskipun sudah ada vaksin dan membatasi kegiatan masyarakat, masih saja ada penambahan jumlah pasien Covid setiap harinya.

Kondisi ini membuat Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Syamsi, S.H. didampingi Kasubbid PID Bidhumas Polda Bali, AKBP I Made Rustawan, S.H., M.H. selaku Pamatwil melaksanakan asistensi, konsultasi dan pengawasan di wilayah hukum Polsek Tabanan dalam rangka pengendalian penyebaran Covid-19, Kamis (11/2/2021).

Kali ini, Tim Pamatwil mengecek Posko Tangguh Dewata Desa Dauh Peken, Tabanan dan bertemu langsung dengan Wakapolres Tabanan, Kapolsek Tabanan, Danramil Tabanan, Muspika Tabanan, Bendesa Adat Kota Tabanan dan Prebekel Desa Dauh Peken untuk mengetahui perkembangan PPKM pada masa pandemi Covid-19.

Tiba sekitar pukul 11.30 Wita, Tim Pamatwil langsung menerima paparan dari Kapolsek Tabanan, Kompol I Nyoman Sukanada. Dijelaskannya bahwa Posko Tangguh Dewata dibentuk di Kantor Desa Dauh Peken karena daerah ini merupakan zona merah. Jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 pada tanggal 8 Februari 2021 sebanyak 11 orang dan sekarang sudah mengalami penurunan menjadi 1 orang.

“Posko ada disini juga atas seijin Bapak Prebekel yang sangat mendukung upaya kami dalam mencegah penyebaran Covid-19. Peran Bendesa Adat juga sangat besar sehingga jumlah terkonfirmasi positif bisa turun cepat,” ujar Kapolsek.

Hal senada juga disampaikan Bendesa Adat Kota Tabanan, I Gusti Ngurah Genta Siwa bahwa seluruh unsur yang tergabung dalam Posko Tangguh Dewata sudah bekerja maksimal memutus rantai penyebaran Covid-19. Selalu bersinergi saat melaksanakan upaya pencegahan, pengawasan, pembinaan hingga penegakan hukum dengan mengadakan kegiatan operasi yustisi.

“Kalau ketertiban pakai masker, 99% masyarakat kota Tabanan sudah tertib. Namun masih sering ditemukan ada masyarakat yang salah dengan cara pemakaiannya. Banyak yang masih di dagu,” terang Bendesa Adat.

Pada kesempatan tersebut, Kabid Humas memberikan apresiasi kepada seluruh unsur yang terlibat dan bergabung di Posko Tangguh Dewata. Meskipun dibentuk secara mendadak, posko ini sudah dilengkapi dengan panel data serta sarana dan prasarana berupa APD, seperti masker, face shield, sarung tangan, hand sanitizer, sepatu boat, alat penyemprotan disinfektan dan cairan disinfektan.

“Terima kasih Bapak Prebekel yang sudah menyediakan tempat untuk Posko Tangguh Dewata. Untuk seluruh anggota posko, tetap semangat dan selalu menjaga kekompakan dan solidaritas dalam melaksanakan PPKM skala mikro,” kata Kombes Pol. Syamsi, S.H.

Yang paling penting menurut Kabid Humas adalah kewaspadaan diri agar tidak terpapar Covid-19. Sebelum melaksanakan tugas, yakinkan dan pastikan bahwa seluruh anggota sudah menggunakan APD.

“Kita harus tetap waspada karena virus ini tidak terlihat secara kasat mata. Kembali dari tugas ingat cuci tangan. Mari ikuti anjuran pemerintah agar kita terhindar dan tidak terpapar Covid-19,” imbuhnya.

Mantan Kabid Humas Polda Sumatera Barat ini meminta agar selalu berkoordinasi dengan petugas Puskesmas dalam upaya pencegahan Covid-19 melalui proses 3T, yaitu Testing (Pemeriksaan), Tracing (Pelacakan) dan Treatment (Pengobatan).

Selain 3T, juga terjadi perubahan yang awalnya hanya 3M kini sudah menjadi 5 M, yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan dan Membatasi mobilisasi dan interaksi untuk menekan dan meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Sebenarnya sangat mudah menghentikan laju virus ini. Intinya adalah disiplin melaksanakan 5M,” tegas Kabid Humas.

Kegiatan asistensi diakhiri dengan penyerahan masker secara simbolis kepada Camat Tabanan, Danramil Tabanan, Perbekel Desa Dauh Peken dan Bendesa Adat Kota Tabanan. (Bina)

405090login-checkKabid Humas Polda Bali Apresiasi Posko Tangguh Dewata Desa Dauh Peken Tabanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *