Kaltim Steril, Water Canon Brimob Semprot Desinfektan Fasilitas Publik Kota Balikpapan

Diposting pada 0 views

BALIKPAPAN-Kaltim, Persindonesia.com Menindak lanjuti perintah Kapolri untuk terus mengedukasi masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan, TNI-Polri yakni Kodam VI Mulawarman dan Polda Kaltim bekerja sama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan instansi terkait melaksanakan penyemprotan desinfektan secara serentak terhadap fasilitas publik di Kota Balikpapan. Sabtu (13/02/2021).

Jajaran Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim yang tergabung pada giat tersebut melakukan penyemprotan cairan disinfektan di berbagai fasilitas umum di Kota Balikpapan, sebagai upaya pencegahan pandemi virus corona atau Covid-19.

Mobil Water Canon milik Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim ikut dilibatkan dalam membasmi Virus Corona.

Mulanya, petugas menyemprotkan cairan disinfektan di kawasan Bandara SAMS Sepinggan, Pasar Sepinggan, Kota Balikpapan. Setiap sudut yang diduga tempat epidemi virus corona disemprot. Bahkan, halte-halte di Jl. Marsma Iswahyudi ikut disemprot petugas.

Selanjutnya, petugas bergeser di kawasan Jl. Jend. Sudirman Kota Balikpapan. Petugas terus menyemprot cairan disinfektan diberbagai wilayah tersebut.

Menurut Dansat Brimob Polda Kaltim, Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK, kegiatan ini sudah dilakukan sejak Sabtu Minggu yang lalu.

“Selama Sabtu Minggu tersebut, setidaknya sudah menghabiskan 50 liter bahan murni untuk membuat disinfektan. Bahan itu sudah kita campurkan sesuai kadar yang dibutuhkan,” ujar Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Dia menambahkan, kegiatan ini juga untuk membantu pemerintah daerah dalam memerangi virus corona yang sudah menjadi musuh dunia.

“Tujuan, yakni untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di kawasan fasilitas umum yang ada di Kota Balikpapan,” tandas John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Rencananya, kata dia, dalam waktu dekat pihaknya akan menyemprot secara rutin ke sekolah, tempat ibadah dan fasilitas umum lainnya.

“Kita akan lakukan secara masif dan terstruktur di wilayah yang diduga tempat virus Corona bercokol,” kata John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Dia meminta masyarakat mengikuti imbauan dari pemerintah. “Tetap di rumah saja setiap hari Sabtu dan Minggu. Ini dibutuhkan kesadaran dari masyarakat, bahwa virus ini memang berbahaya bagi diri kita. Karena sudah jadi wabah internasional.” Ujarnya.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kaltim dan Wakapolda Kaltim dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.(Andy/red)

407700login-checkKaltim Steril, Water Canon Brimob Semprot Desinfektan Fasilitas Publik Kota Balikpapan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *