Opini Hati : Bicara Pulp & Paper, Bondowoso Salah Satu Kota Kecil Yang Memiliki Industri Ekspor Kertas Budaya Yang Merupakan Keunggulan Sektor Industri Tersendiri

Diposting pada 2 views

Bondowoso,Persindonesia – Jumat (19/03/21) Kapasitas produksi kertas sembahyang seluruhnya di Indonesia merupakan komoditi ekspor. Industri kertas sembahyang yang tercatat ada sebanyak 19 industri, namun yang berproduksi hanya beberapa pabrik. padahal kebutuhan luar negeri sangat besar per tahun.

Saat ini ekspor yang dapat dipenuhi oleh Indonesia per tahun, belum mampu memenuhi kebutuhan ekspor karena yang Iainnya mengalami banyak permasalahan baik di perijinan, kesulitan birokratif, pencemaran lingkungan sampai terjadi penutupan pabrik.

Indonesia masih memiliki peluang untuk mengembangkan industri pulp dan kertas, karena didukung oleh terbukanya peluang pasar baik di DN maupun di dunia dan adanya keunggulan komparatif, sepertii : masih adanya areal lahan/hutan yg cukup luas sbg sumber bhn baku kayu, iklim tropis yang memungkinkan tanaman dpt tumbuh lebih cepat, tersedianya bhn baku alternatif, telah dikuasainya teknologi proses, tersedianya SDM yang cukup banyak dengan upah yang kompetitif serta jaminan pasokan bahan baku yang legal bersumber dari hutan yang dikelola secara lestari. Sertifikasi bahan baku seperti SVLK sebagai upaya perbaikan tata kelola kehutanan perlu didukung oleh para pihak terkait sehingga tidak menjadi beban bagi pelaku usaha namun menjadi investasi perbaikan manajemen industri pulp dan kertas dan para pemangku kepentingan perlu menyadari bahwa industri hilir hasil hutan merupakan salah satu bidang usaha di Indonesia yang memiliki keunggulan komparatif/kompetitif ditengah sengitnya persaingan usaha di era revolusi industri 4.0 yang semakin ketat.

Diharapkan dengan diterimanya skema SVLK dan Dokumen V-Legal sebagai dokumen eksportasi produk kayu di negara tujuan ekspor khususnya di Uni Eropa yang dikenal berstandar tinggi, kita dapat meningkatkan akses pasar yang pada gilirannya juga akan meningkatkan ekspor produk kayu Indonesia.

Sebuah perundingan diperlukan untuk memastikan Pemerintah negara tujuan ekspor dapat menjamin SVLK diterima oleh negara dan importirnya tanpa mempersyaratkan sertifikasi lainnya.

Oleh karena itu masih ada peluang untuk ekspor. mengingat bahwa kebutuhan akan kertas khususnya kertas budaya masih cukup besar_ Beberapa industri yang masih produksi hampir seluruhnya diekspor.

Indonesia berpeluang menjadi tiga besar pemain disektor industri pulp & kertas dunia seiring meningkatnya daya saing industri di dalam negeri. dan Indonesia saat ini tercatat sebagai pemain kesembilan terbesar secara global di industri pulp dan kertas.

Untuk kawasan Asia, Indonesia bahkan sudah masuk peringkat tiga dengan bahan baku pulp adalah sebesar 34.398.330 m3/ tahun dengan penjualan ke pasar ekspor memberi kontribusi sekitar 60% bagi total penjualan. Pasar Asia seperti Singapura, Malaysia, Jepang, Thailand, Myanmar dan Kamboja merupakan kontributor terbesar penjualan ekspor perusahaan dengan kontribusi penjualan ekspor lainnya dari pasar Amerika dan Eropa masing-masing sebesar 4%-5%.

Tentunya Bondowoso sebagai kota kecil memiliki keunggulan yang sangat besar di sektor industri yang meningkatkan perekonomian masyarakat.

Karena bicara Pulp dan Paper, Bondowoso salah satu kota kecil di Jawa Timur yang memiliki industri ekspor kertas budaya ke luar negeri dan merupakan keunggulan sektor industri tersendiri untuk Bondowoso karena mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat yang memiliki kemampuan mengelola limbah hingga teruji klinis terbaik saat ini dimana TUJUAN PEMBANGUNAN INDUSTRI berdasarkan Regulasi Kementerian Perdagangan RI bahwa Industri yang mandiri, berdaya saing, dan maju untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

Dengan disanding oleh Manajemen Pemerintah Bondowoso yang mengacu pada REFORMASI BIROKRASI 2020 – 2024 dalam mendukung sektor industri Bondowoso, dapat dipastikan di era revolusi industri 4.0 Bondowoso akan mendapatkan tempat secara Nasional maupun Internasional. (M. Agam – Kabiro Bondowoso)

 

 

 

476410login-checkOpini Hati : Bicara Pulp & Paper, Bondowoso Salah Satu Kota Kecil Yang Memiliki Industri Ekspor Kertas Budaya Yang Merupakan Keunggulan Sektor Industri Tersendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *