LDKS SMPN 01 Bondowoso Gelar Pelatihan Organisasi Jurnalistik Hingga Geopark Goes To School

Diposting pada 0 views

BONDOWOSO, Persindonesia – SMP Negeri 1 Bondowoso menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) bagi pengurus OSIS masa bhakti 2020/2021. LDKS diadakan selama tiga hari, sejak Selasa (30/03) hingga Kamis (01/04) di Meeting Room SMPN 1 Bondowoso. Acara diikuti sebanyak 30 siswa pengurus OSIS.

Selain narasumber guru dari internal sekolah, LDKS juga mendatangkan narasumber eksternal terkait. Di antaranya adalah Pelda Wagiman H.P dan Serka Amran dari Koramil 0822/01 Bondowoso untuk materi Kepemimpinan dan Tata Upacara Sekolah. Materi-materi yang disajikan selama LDKS seperti Dasar-Dasar Kepemimpinan, Tata Kelola Organisasi, Tata Krama Pemimpin, dan Penyusunan Proposal serta Surat Resmi.

Selain materi kepemimpinan dan keorganisasian, LDKS juga menyelipkan sosialisasi Ijen Geopark. Kegiatan ini merupakan kegiatan perdana dari event Geopark goes to school yang merupakan program bersama antara Pengurus Harian Ijen Geopark dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Materi disajikan oleh Ahmad Sofyan, S.T selaku Tim Ahli Pendidikan Masyarakat PHIG Wilayah Bondowoso.

Menurut Sofyan, Geopark goes to school merupakan program pokok dalam Ijen Geopark karena tercantum jelas dalam dossier/proposal ke Unesco. “SMPN 1 Bondowoso merupakan penyelenggara perdana kegiatan Geopark goes to school. Ini merupakan bentuk nyata bahwa geopark mulai masuk ranah pendidikan”.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa SMPN 1 Bondowoso bisa menjadi sekolah replika ijen geopark di Bondowoso. “Saya melihat banyak indikator yang menunjukkan arah dukungan akan ijen geopark” ungkap Sofyan.

Ketua OSIS SMPN 1 Bondowoso, Aisyah Putri Damayanti mengatakan, usai mengikuti LDKS dia berharap bisa memperbaiki karakter agar ke depan menjadi anak yang lebih baik. “Semoga saya dan para pengurus OSIS bisa membimbing OSIS jadi lebih baik,” kata Aisyah. Menurutnya, kegiatan LDKS sangat bermanfaat. Sebab, ilmu-ilmu tentang keorganisasian dan kepemimpinan tidak didapatkan di dalam kelas.

Dia mengatakan, penyelenggaraan LDKS menjadi kesempatan langka untuk mendalami pengetahuan tentang bagaimana cara mengelola organisasi dengan tepat dan benar.
Mohammad Hairul, M.Pd. selaku Pembina OSIS SMPN 1 Bondowoso menyampaikan bahwa pada LDKS kali ini ia juga menyajikan tentang materi jurnalistik.

“Pasca LDKS maka pengrus OSIS sudah menyatakan siap untuk kembali mengaktifkan majalah sekolah yang sempat terhenti penerbitannya selama Pandemi covid 19”. (*/Yetno)

499540login-checkLDKS SMPN 01 Bondowoso Gelar Pelatihan Organisasi Jurnalistik Hingga Geopark Goes To School

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *