Dukung Kesiapan Ketahanan Pangan Kodam IX Udayana, Dandim Beri Pengarahan Anggota Koramil Untuk Program Pendampingan

Diposting pada 3 views

Persindonesia.com Jembrana – Komandan Kodim 1617 Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna, S. Sos secara khusus memberikan pengarahan kepada Anggota Koramil 04 Pekutatan pagi tadi. Pengarahan yang berlangsung di Kantor Koramil 04 Pekutatan tersebut dilaksanakan dalam rangka *Kesiapan Ketahanan Pangan Kodam IX Udayana*.

Dalam mewujudkan ketahanan pangan Kodam IX Udayana, Kodim 1617 Jembrana telah melaksanakan koordinasi dan penyiapan lahan pertanian seluas 32 hektar yang merupakan lahan milik Perusda Provinsi Bali Unit Pekutatan di Kab. Jembrana. Dilahan tersebut nantinya akan dilakukan budidaya tanaman porang sebagai varietas Unggulan dan pepaya california serta mungkin beberapa tanaman lainnya sebagai tanaman penyanding/ Pelindung.

Dihadapan Danramil beserta Anggota Koramil 04 Pekutatan, Dandim 1617 Jembrana, mengawali arahannya mengucapkan selamat Hari Raya Galungan kepada anggota yang beragama Hindu dan bagi anggota yang beragama Islam, Dandim juga menyampaikan selamat menunaikan Ibadah Puasa.

Lebih lanjut, Dandim mengatakan dalam mewujudkan ketahanan pangan Kodam IX Udayana dalam waktu dekat yakni sekitar bulan oktober kedepan, bibit tanaman Porang akan datang secara bertahap dan akan dilaksanakan penyemaian bibit di perumahan kantor Koramil Pekutatan hingga masuk waktu tanam nantinya dan akan di tanam pada lahan yang telah disiapkan. Mekanisme penanaman tanaman porang pada lahan 32 Hektar nantinya Kelompok petani akan dibagi menjadi 6 Pok/Tim kerja. Setiap kelompok kerja beranggotakan 10 s.d 11 Orang petani yang nantinya akan mendampatkan pendampingan oleh 1 Orang Babinsa sebagai Koordinator/Supervisi dalam kelompok tersebut.

“Sebelum Penanaman tanaman Porang terlebih dahulu nantinya akan di tanami tanaman Pepaya California dan tanaman yang lainnya sebagai tanaman pendamping atau pelindung, saat ini Kodam IX/ Udayana sudah menyiapkan 900an Pohon bibit Pepaya California yang dalam waktu dekat akan kita tanam” Terang Dandim Haruna.

Dandim juga mengatakan dalam mekanisme penanaman bibit pepaya calofornia, nantinya akan dibagikan secara gratis kepada kelompok tani yang telah dibentuk. Penanamannya disesuaikan pada lahan Perusda Prov Bali di Wilayah Pekutatan tentunya pada tempat yang sudah ditentukan serta dekat dengan sumber air. Sumber air sangat penting sehingga dalam perawatan dan penyiraman nya lebih mudah. Nantinya hasil dari tanaman pepaya akan diberikan kepada kelompok tani tersebut untuk membantu kesejahteraan para petani.

“Untuk masalah pupuk kita akan dibantu langsung dari Komando Atas dalam hal ini oleh Kodam IX/ Udayana” Jelasnya

Dandim juga meninta Danramil 04 Pekutatan untuk segera berkoodinasi dengan Mandor Perusda Provinsi Bali Unit Pekutatan guna menvalidkan data identitas dari para petani yang tergabung dalam kelompok tersebut. Dimana nantinya data tersebut akan dilaporkan kepada Komando Atas.(Pendim)

529840login-checkDukung Kesiapan Ketahanan Pangan Kodam IX Udayana, Dandim Beri Pengarahan Anggota Koramil Untuk Program Pendampingan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *