Petugas Balai Budhi Dharma Selamatkan Pria Lansia Warga Ciracas, Jakarta Timur di Malam Takbiran

Diposting pada

JAKARTA, Persindonesia.com
Suara takbir, tahlil dan tahmid berkumandang di masjid-masjid ke pelosok kota. Di malam Hari Raya Idul Fitri mulai tiba. tugas melayani masyarakat tidak berarti tertunda.

Di malam takbiran tersebut, para petugas dari Balai Budhi Dharma bergerak cepat mengantarkan pria lanjut usia MN kepada keluarganya. Hari itu pula, MN dipertemukan dengan keluarganya di Ciracas, Jakarta Timur oleh petugas Balai Budhi Dharma.

Header

MN, pria asal Flores berusia 84 tahun itu, terpisah dengan keluarganya. Karena penurunan daya ingat, setelah pergi dari rumah, ia tak ingat jalan kembali. “Petugas kepolisian menemukan beliau dan kami langsung antarkan ke tengah keluarga,” kata Kepala Tata Usaha mewakili Kepala Balai Budhi Dharma Dewi Kanya di Jakarta (14/05).

Bertemu dan berada di tengah-tengah keluarga merupakan salah satu bagian hak lanjut usia untuk hidup bahagia. Kondisi penurunan daya ingat dapat menyebabkan lanjut usia pergi dari rumah dan tak ingat pulangnya.

Demikian pula dengan MN saat ditanya oleh Pekerja Sosial Budhi Dharma hanya dapat mengingat sebagian dari informasi tentang tempat tinggalnya. Beruntung lansia ini pergi dengan membawa identitas Kartu Tanda Penduduk. “Ini yang menjadi salah satu kemudahan dalam menelusuri keberadaan keluarga dan mengembalikan lansia di dalam keluarga,” kata Dewi.

Balai Budhi Dharma Bekasi dengan menerapkan piket pegawai di masa libur ‘Idul Fitri berdampak positif untuk menjaga keberlangsungan pelayanan. Hal ini juga menjadi salah satu langkah tepat dalam memberikan pelayanan kepada lansia dengan tepat dan cepat.

Pasalnya malam itu setelah diserahkan dari kepolisian Bekasi dan oleh petugas Balai diberikan pengasramaan, permakanan dan pakaian. Namun mlm itu, MN sudah hampir pergi mengikuti langkah kakinya, beruntung segera didapati oleh Peksos Bertua Hutagalung di pintu gerbang dan diajak kembali ke asrama, ” Dewi menambahkan.

Dewi Kanya mengingatkan agar lansia ini segera ditindaklanjuti untuk ditelusuri keluarganya.

Koordiator Fungsional Triyatni segera mengkoordinasikan dengan pekerja sosial yang saat ini piket, dan mendorong untuk segera menyiapkan lansia untuk diajak sekaligus dalam upaya penelusuran keluarganya, dengan bekal alamat di KTP lansia tersebut.

Maka, lengkaah sudah. Di tengah kegembiraan menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri, MN bersatu dengan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *