Harga Ikan Lemuru Anjlok, Tidak Sebanding Harga Solar, Nelayan Khawatir

Diposting pada 1 views

Persindonesia.com Jembrana – Nelayan menjerit pasca habis lebaran harga ikan lemuru anjlok, hal tersebut membuat komoditi nelayan Desa Pengambengan menjadi khawatir, bahkan hasil tangkapan akhir-akhir ini sangat banyak.

Pantauan awak media di lapangan mulai kemarin Rabu (19/05) harga ikan lemuru di dermaga mulai turun drastis yang sebelumnya mencapai perkilo 8 ribu rupiah sampai 9 ribu rupiah sekarang harganya hanya 6 ribu rupiah.

Kades Petahana Gak Punya Surat Keterangan Bebas Tanggungan Bisa Gugur Loh

Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu pengelola kapal slerek bernama Saifulah (40). Dirinya juga mengatakan, pada hal akhir-akhir ini sampai sekarang tangkapan ikan sangat melimpah.

“Harganya per hari ini turun jadi 6 ribu rupiah per kilogram. Dari tahun lalu sempat tembus Rp 12 ribu per kilogram, turun lagi jadi 8 ribu rupiah, sekarang 6 ribu rupiah, ” terangnya.

AR Harus Meringkuk di Jeruji Besi, Terbukti Mengantongi Paket Sabu

Ditahun 2020, lanjut Saifulah, diawal pandemi covid kebutuhan ikan lemuru sangat tinggi untuk pengalengan, namun pada saat itu tangkapan tidak terlalu banyak kisaran 2 sampai 5 ton per kapal.

“Harga mulai turun pada akhir tahun menjadi 9 ribu rupiah sampai awal dan menjelang lebaran, dan saat ini mas sehabis lemaran harga ikan lemurun gila-gilaan turun bayangkan sampai 6 ribu rupiah pabrik pengalengan juga banyak yang tutup dikarenakan inilah pandemi covid,” ujarnya.

Terjadi Genangan, Pemkot Lakukan Sejumlah Penanganan Di Beberapa Titik

Dengan harga segitu, imbuh Saifulah, kami kewalahan ditambah lagi harga solar berkisaran 8 ribu rupiah per liter dibandingkan harga ikan lemuru 6 ribu rupiah cukup mempusingkan juga, “untung juga tangkapan akhir-akhir ini lumayan banyak jadinya bisa kita imbangi dengan biaya oprasional,” imbuhnya.

Saifulah menambahkan, untuk saat ini harga ikan yang paling tinggi masih didominasi ikan layur itu untuk kebutuhan eksport, tapi musim seperti ini susah mencari ikan layur, harganya perkilo kisaran 45 ribu rupiah sampai 46 ribu rupiah.

Donor Darah ,RSUD Kota Tangerang Gandeng PMI

Sementara Koordinator Tempat Pelelangan Ikan Pengambengan, I Putu Adi Astawa membenarkan penurunan ikan lemuru saat ini dengan harga 6 ribu rupiah perkilo, sehabis hari raya ada penurunan harga. Kamis (20/05).

600870login-checkHarga Ikan Lemuru Anjlok, Tidak Sebanding Harga Solar, Nelayan Khawatir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *