Kejari Jember Proses Dana Eks PNPM Mandiri Jelbuk secara Profesional

Diposting pada 13 views

Persindonesia.com Jembrana – Permasalahan dana eks-PNPM Kecamatan Jelbuk yang diduga ada unsur penyelewengan dan penyalahgunaan ternyata sedang ditangani oleh Kajari Jember. Kasi Intel Kejari Jember, Agus Budiarto, SH, mengatakan demikian kepada awak media Kamis (20/5/2021) pukul 08:30 diruang kerjanya.

Agus Budiarto mengatakan, “Kejari sudah membentuk tim khusus untuk menangani permasalahan dana eks-PNPM Mandiri Jelbuk.”

Agam : Sekedar Mengingatkan Inspektorat, Jalankan Perbub 48 Tahun 2017 Pada Poin M & Ingatkan Kades Petahana Cashflow BUMDes Dan Pajak Belanja Barang

Dalam perjalanannya, lanjut Agus, ada perkembangan dari kasus tersebut yang mana pihak-pihak yang diduga penyelewengkan dana ada niat mengembalikan.

Kejari Jember selain menggunakan asas keadilan juga asas kemanfaatan. “Roh atau semangat undang-undang tindak pidana korupsi yaitu pengembalian aset. Jadi di sini kita punya pertimbangan dan skala prioritas. Sebelum sebuah kasus bermuatan tindak pidana korupsi masuk dalam ranah hukum (pro Judistia) kita beri kesempatan dahulu kepada para pihak yang bermasalah menyelesaikan dengan itikad baiknya,” jelas Agus.

Diduga Reklame Status Tidak Jelas, Terkesan Ada Pembiaran

Permasalahan dana eks PNPM Mandiri Jelbuk sudah pernah dilaporkan ke aparat penegak hukum (Kejari) seperti disampaikan oleh Penanggung Jawab Operasional Kegiatan (PJOK), Teguh dan juga Kepala Badan Kepala Antar Desa (BKAD) Ali Mustafa.

Setelah dikonfirmasi pihak Kejari memastikan kasus tersebut belum masuk ke proses penyidikan sehingga masih ada waktu bagi Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) non aktif menyelesaikan tunggakan dan administrasi yang tidak beres.

Perbekel Sumber Klampok Ajak Warga Doakan Gubernur Koster Panjang Umur

Hingga berita ini ditayangkan belum ada penyerahan aset dari UPK non aktif kepada UPK Sementara. Jika merujuk pada prosedur UPK non aktif wajib membuat berita acara penyerahan aset baik tunai, piutang ataupun aset benda bergerak lainnya. Data yang berhasil dikonfirmasikan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Jember totalnya mencapai 5,4 miliar untuk Kecamatan Jelbuk.

Kasi Intel Kejari Jember berharap agar masyarakat tidak usah takut bila dimintai keterangan oleh aparat hukum. Kejari bertindak profesional dalam hal penegakan hukum di wilayah Jember pada khususnya. Dengan semangat dan itikad baik ia mengajak membangun Jember bebas dari korupsi. (Nurul Jember)

601380login-checkKejari Jember Proses Dana Eks PNPM Mandiri Jelbuk secara Profesional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *