Sosialisasi Pengelolaan Data Informasi dan Penyebaran Informasi PKK

Persindonesia.com Gianyar – Guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mengelola program dan kegiatan PKK, khususnya mengoptimalkan pengelolaan data dan penyebaran informasi PKK serta penguatan ketahanan keluarga bagi Tim Penggerak  PKK Gianyar, Pemerintah Kabupaten Gianyar menyelenggarakan Sosialisasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKK dan Sosialisasi Bidang Penguatan Ketahan Keluarga di Gedung Pusat Layanan Umum Terpadu,  Koperasi, Usaha Mikro,  Kecil dan Menengah ( PLUT UMKM ) Bedulu pada Kamis (27/5/2021).

Turut hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Dewa Ngakan Ngurah Adi, Sekretaris PKK Provinsi Bali Ni Made Suwastini, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Gianyar Anak Agung Dalem Jagadhita serta Ketua TP.PKK Kecamatan se-Kabupaten Gianyar.

Bupati Tamba minta 40% Kuota di Poltek KP Prioritas Bagi Putra-Putri Keluarga Kurang Mampu

Ketua Panitia Sosialisasi, Ni Wayan Sriyani mengatakan ada 3 hal mendasari diselenggarakannya sosialisasi SIM PKK yaitu : Pertama, Tim Penggerak PKK  sebagai pengelola Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga dalam mendukung pembangunan yang memiliki kader dari tingkat pusat sampai ke tingkat desa/kelurahan dan kelompok dasa wisma.

Kedua, Kader PKK sebagai Kader Pembangunan menjadi motivator yang tangguh untuk menyampaikan pesan pembangunan dan menggerakkan keluarga agar mau melaksanakan 10 Program Pokok PKK. Ketiga, Sistem Informasi Manajemen Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga yang selanjutnya disingkat SIM PKK adalah aplikasi yang mendokumentasikan, mengadministrasikan serta mengolah data program kelembagaan gerakan PKK.

Wagub Cok Ace Apresiasi Semangat Marketing 3.0 Yang Berlandaskan Tri Hita Karana

Ni Wayan Sriyani menambahkan, Sosialisasi SIM PKK dan Sosialisasi Bidang Penguatan Ketahan Keluarga dilaksanakan dari tanggal 27 sampai 28 Mei 2021. Pada tanggal, 27 Mei 2021 dilaksanakan Sosialisasi SIM PKK bertempat di gedung PLUT KUMKM, sedangkan Sosialisasi Program Bidang III dilaksanakan pada 28 Mei 2021 di 3 tempat, diantaranya : Sosialisasi Pakaian/Busana Adat Bali dilaksanakan di gedung PLUT KUMKM, Sosialisasi Gerakan Aku Hatinya PKK dilaksanakan di Ruang Rapat Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar, Sosialisasi Rumah Layak Huni dilaksanakan di Ruang Rapat Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar, serta dana dari sosialisasi bersumber dari Dana Bantuan Khusus (BKK) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga TP. PKK Provinsi Bali.

Kepala DinasPMD Gianyar Dewa Ngakan Ngurah Adi yang membacakan sambutan Bupati Gianyar mengatakan kegiatan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan keluarga.  Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat mempunyai arti penting dalam proses pembangunan, karena kondisi keluarga dapat menjadi barometer bagi kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

Mensos Tri Rismaharini Kunjungi Pameran IKM Bali Bangkit

Dewa Ngakan Ngurah Adi menambahkan program dan kegiatan PKK merupakan bagian dari pembangunan nasional yang perlu terus dipacu dan dipercepat sesuai dengan dinamika perkembangan masyarakat. Untuk itu gerakan PKK selalu berupaya untuk menata diri dan meningkatkan kualitas kinerjanya agar lebih profesional dengan memanfaatkan segala sumber daya yang ada dan berdaya guna.

Maka untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam mengelola program dan kegiatan khususnya dalam mengoptimalkan pengelolaan 10 program pokok PKK  dengan memanfaatkan kemajuan teknologi khususnya di bidang komunikasi dan informasi dengan menerapkan suatu Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKK. Tujuan dari SIM PKK ini adalah untuk mengoptimalkan pengelolaan data dan penyebaran informasi terkait pelaksanaan 10 program PKK secara tepat, akurat dan menyeluruh dari tingkat dasawisma.

Ketua DPR RI Kagum Bali Bangkit di Tengah Pandemi Melalui Dukungan Dekranasda

Dewa Ngakan Ngurah Adi berharap kepada peserta sosialisasi agar benar-benar dapat mengikuti dan memahami seluruh materi yang disampaikan dengan antusias dan nantinya para peserta dapat mengelola data PKK dari semua tingkatan dan memberi data  dan masukan yang sangat bermanfaat sehingga membantu pemerintah untuk menerapkan pembangunan yang tepat sasaran yang ditujukan untuk mensejahterakan masyarakat. Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *