UNTARA Sinergi dengan BKK Dan Pemda Tangerang Atasi Pengangguran

Tangerang, Persindonesia.com-Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Furum Komunikasi Bursa Kerja Khusus (FK-BKK) untuk penanganan pengangguran dan penempatan kerja untuk para alumni SMK yang ada di daerah itu. Jum’at (28/5/2021).

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kabupaten Tangerang, Iis Kurniati dalam rakornya yang digelar di aula Kampus UNTARA di Tangerang mengatakan, bahwa penanganan pengangguran dan penampatan kerja itu perlu adanya sinergitas antara pihak pemerintah dan BKK.

“Jadi seperti diketahui bahwa angka pengangguran di Kabupaten Tangerang saat ini cukup tinggi, maka kita menggandeng BKK ini untuk menempatkan para alumni-alumni lulusan baru di dunia Industri,” ucapnya.

Ia menjelaskan kegiatan rakor tersebut sering dilakukan dalam beberapa pekan ini, sebagai bentuk upaya dari pemerintah yang benar-benar fokus untuk menanggulangi atau menekan angka pengangguran yang terjadi di Kabupaten Tangerang.

“Jadi kami sengaja mengundang pihak BKK ini untuk menempatkan alumni-alumni lulusan SMK baru ini dapat mereka kelola,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, dalam penempatan kerja, pihaknya juga berharap melalui Bursa Kerja Khusus ini agar setiap perusahaan-perusahaan dapat membuka diri, dan apa yang mereka perlukan setiap sekolah dapat mempersiapkan diri untuk menciptakan tenaga kerja yang sesuai kualifikasi perusahaan tersebut.

“Harapannya setelah sinergitas yang dilakukan ini, kedepan dalam penempatan kerja di Kabupaten Tangerang harus tinggi dan disitu angka pengangguran akan menurun,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kepesertaan Khusus BPJS Ketenagakerjaan Tangerang, Arfino menutukan bahwa alasan pihaknya ikut terlibat dalam rakor penanganan pengangguran dan penempatan ini untuk memberi pengetahuan kepada calon pekerja baru tentang pentingnya BPJS Ketenagakerjaan bagi mereka dalam dunia kerja.

“Karena nantinya mereka lah yang akan bekerja dan harus melek tentang betapa pentingnya memiliki BPJS Ketenagaketjaan. Jadi sejak dini kita harus memberi pengetahuan itu,” ungkapnya.

Ia mengatakan dengan adanya sinergitas ini, maka bisa membantu untuk mecerdaskan para calon pekerja dan bisa mengerti arti dari BPJS Ketenagakerjaan untuk kebaikan mereka.

“Insyaallah semakin banyak yang mengerti dari pentingnya BPJS Ketenagakerjaan, maka kualitas pekerja kita semakin meningkat,” tuturnya.

Harapanya kedepan baik dari Dinsaker dan BKK ataupun dari calon pekerja baru dapat terus meningkatkan kulaitasnya, karena mereka lah yang akan jadi garda terdepan dalam usaha Industri di Indonesia.

Ditempat yang sama, Humas Universitas Tangerang Raya Indra Budiman menambahkan, Acara ini adalah bentuk dukungan Universitas Tangerang Raya dalam semua bidang kegiatan, demi kemajuan kabupaten tangerang terutama pada kegiatan acara Rapat Koordinasi Penggulangan Penanganan Pengangguran yang diselenggarakan oleh dinas tenaga kerja dan bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

“Tentunya terimakasih kepada pihak terkait, Universitas Tangerang Raya sangat mendukung dan selalu apresiasi, semoga sinergi berkesinambungan menghasilkan manfaat yang baik dan kabupaten tangerang semakin gemilang,” ujarnya.

Adapun yang hadir dalam rakor tersebut diantaranya Rektor Kampus Untara, perwakilan Kepala SMK atau sekolah sederajat yang ada di Kabupaten Tangerang, Ketua BKK Bursa Kerja Khusus, Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Tangerang dan staf Disnaker Kabupaten Tangerang.(Mad Sutisna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *