Hindari Kekosongan Jabatan, Pemkab Jembrana Gelar Seleksi Promosi Sekda

Persindonesia.com Jembrana – Pemerintah Kabupaten Jembrana mulai menggelar seleksi promosi jabatan pimpinan tinggi pratama yakni sekretaris daerah. Seleksi sekda tersebut untuk menunjuk sekda definitif sehingga tidak terjadi kekosongan pemerintahan. Masa penugasan penjabat sekda I Nengah Ledang akan berakhir pada 21 Juli 2021 .

Ketua Pansel JPT Sekda Jembrana I Ketut Lihadnyana mengatakan Bupati Jembrana I Nengah Tamba  telah membentuk panitia seleksi (pansel) yang terdiri dari lima orang berasal dari akademisi (pakar), dan birokrat. Selain dirinya, juga turut serta dalam pansel Kepala Kantor Regional X BKN Provinsi Bali Paulus Dwi Laksono serta tiga orang Akademisi dari Unud dan Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Pengecekan Prokes Sesuai SOP di Bandara Juanda Tak Pernah Longgar

Pansel ini nantinya bertugas  mengevaluasi kesesuaian kompetensi jabatan dengan memperhatikan, syarat, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan latihan serta rekam jejak jabatan dan integritas. Selain itu, melaksanakan wawancara akhir dan menyusun peringkat nilai masing-masing kandidat. Tiga peringkat tertinggi akan disampaiakan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian yakni Bupati Jembrana.

“Sekda bisa diambil dari eselon II di Kabupaten Jembrana, setelah itu juga bisa . Dari luar juga bisa. Pengumuman seleksi sudah diumumkan. Sudah disepkati, untuk menyodorkan tiga terbaik nantinya,“ ujar Lihadnyana yang juga Kepala BKD Provinsi Bali.

Perwakilan Warga Resmi Laporkan PT PSPI ke Polda Riau, Atas Dugaan Perusakan Kelapa Sawit

Ia menambahkan, seluruh tahapan seleksi sekda saringannya benar-benar untuk mendapatkan seorang sekda yang memiliki integritas, profesionalitas , pengalaman dan managerial.“ Tak kalah pentingnya bagaimana kompetensi dan kinerja sekda tersebut,“ imbuhnya.

Terkait seleksi sekda, Bupati I Nengah Tamba memastikan tahapan seleksi akan berjalan dengan transparan,  dilaksanakan sejujur-jujurnya. Ia mempersilakan pejabat yang memiliki kompetensi ikut mendaftar sehingga hasil seleksi bisa  mendapat pejabat yang  profesional.

Merasa Kecewa Dengan Bendesa, Puluhan Warga Batuagung Datangi Kantor Desa

” Kita persilakan pansel bekerja. Tidak ada pesanan, sudah bukan jamannnya. Yang penting sekda terpilih nanti, bisa bekerja membantu bupati mewujudkan visi misi dan bersinergi dengan  bupati. Nanti dari tiga terbaik hasil seleksi itu saya akan lihat orangnya,” kata Tamba.

Seleksi jabatan sekda di Jembrana sudah diumumkan  melalui pengumuman BKD Jembrana nomor 3/PanselJPT/ 2021. Seleksi terbuka tersebut telah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri melalui Surat Nomor: 821/3287/OTDA tanggal 20 Mei 202. Isinya perihal persetujuan pelaksanaan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Jembrana.

20 Orang Ketua Kampung Tangguh Jaya, Dapat Penghargaan Dari Kapolres Metro Jakarta Timur

Pengisian jabatan sekda juga berdasarkan UU Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 15 tahun 2019 tentang pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka dan kompetitif. Serta, sesuai dengan surat edaran Menpan RB nomor 52 tahun 2020 tentang pelaksanaan pengisian jabatan pimpinan tinggi dalam kondisi kedaruratan kesehatan Covid-19.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi mengikuti seleksi. Diantaranya berstatus PNS dipemerintah Kabupaten /Kota dan diwilayah Provinsi Bali. Memiliki pangkat golongan sekurang-kurangnya pembina Tingkat I ( IV/b) serta berusia 56 tahun pada saat pelantikan.

Komunitas SBO Terus Berkarya Dan Bermanfaat Kepada Masyarakat

Untuk tahapan seleksi , berkas lamaran diterima Pansel hingga rabu 9 juni 2021, seleksi administrasi dan rekam jejak 10 juni 2021, uji kompetensi dan wawancara berlangsung pada  15-16 juni 2021.

Sementara pengumuman hasil seleksi dan pengajuan tiga calon terbaik kepada Bupati selaku PPK pada 17 juni 2021. Direncanakan , Sekda terpilih nanti dilantik pada 30 Juni 2021. (Sb/ABi)

#Sleksi jabatan Sekda Jembrana,#Bupati Jembrana,#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *